Breaking News:

Bupati Joncik Muhammad Ungkap Sebab Vaksin Moderna Dikembalikan Pemkab Empat Lawang ke Dinkes Sumsel

Empat Lawang mengembalikan vaksin Covid-19 jenis Moderna ke Dinas Kesehatan Sumsel meski sudah disuntikkan ke nakes.

Editor: Refly Permana
ho/sripoku.com
Bupati Kabupaten Empat Lawang sekaligus Sekretaris DPW PAN Sumsel Joncik Muhammad 

Penulis: Arief

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad, menyatakan pihaknya mengembalikan vaksin Covid-19 jenis Moderna ke Dinas Kesehatan Sumsel lebih karena tidak terserap ke masyarakat, sedangkan tenaga kesehatan dan sejumlah jajarannya sudah dilakukan vaksinasi Moderna.

"Di Empat Lawang agak terlambat vaksinasi, karena ada vaksin Moderna sekitar 6 ribuan, karena digunakan berdampak demam 3 hari maka masyarakat tidak galak (mau) pakai moderna.

Kita berusaha menggunakan Moderna seperti Nakes, pemangku kepentingan (sudah 100 persen) tapi masih ada sisa kita salurkan ke masyarakat, namun karena ada dampak masyarakat takut sehingga tidak terserap," kata Joncik.

Diakui politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, salahnya jajarannya dibawah kenapa tidak menyampaikan segera tidak terserap selama ini dan harus dikembalikan. 

"Saya sudah membuat surat resmi kembalikan ke provinsi untuk diganti vaksin jenis lain (sinovac) namun jumlahnya menipis, yang pasti kita tetap vaksin dengan vaksin yang ada selain Moderna yang berdampak demam dan sakit," tuturnya.

Joncik mengungkapkan, untuk realisasi vaksinasi didaerahnya, memang masih berada 3 terakhir dari daerah lain di Sumsel, namun petugas yang ada diungkapkannya mulai bergerak kemarin.

Dimana, setiap datang vaksin harus disebarkan tanpa harus disimpan berlama-lama.

"Kita sudah telepon Dinkes untuk segera diantar vaksin lagi, tapi karena ketersediaan vaksin kita terbatas, meski sebelumnya masih ada stok 1 juta nyatanya habis. Jadi kita masih menunggu," tuturnya.

Ditambahkan Joncik, selain mempercepat vaksinasi dengan "keroyokan" bersama TNI, Polri, selaku kepala daerah dirinya telah menggerakan dan menginstruksikan jajarannya mulai kepala Puskesmas, Kades, Camat untuk ikut mempercepat program vaksinasi didaerahnya masing- masing.

Halaman
123
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved