Breaking News:

CARA Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat di Wajah, Awas Bisa SebabkanTerkena Penyakit Kista

Bopeng bisa muncul dari beragam jenis jerawat, tapi paling sering jenis jerawat meradang dan kista.

Editor: Welly Hadinata
CARA Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat di Wajah, Awas Bisa SebabkanTerkena Penyakit Kista
https://www.google.co.id/
Ilustrasi Jerawat

SRIPOKU.COM - Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah tak bisa asal-asalan, melainkan perlu perawatan yang tepat. Bopeng bisa muncul dari beragam jenis jerawat, tapi paling sering jenis jerawat meradang dan kista.

Bekas jerawat di wajah acapkali meninggalkan bopeng yang mengganggu penampilan. Dilansir dari NHS, bopeng di wajah berupa lubang atau cekungan kecil di kulit sebenarnya adalah jaringan parut bekas luka jerawat. Masalah kulit ini dapat terjadi ketika jerawat dipencet tau isinya dikeluarkan saat masih meradang.

Berikut beberapa rekomendasinya:

1. Gunakan obat jerawat

Beberapa obat jerawat yang dijual bebas di pasaran dapat membantu memudarkan bopeng bekas jerawat di wajah. Melansir Healthline, beberapa bahan aktif yang membantu menghilangkan bopeng di antaranya alpha hydroxy acid (AHA), lactic acid, retinoid, dan asam salisilat.

AHA membantu pengelupasan lapisan luar kulit, sehingga membantu meratakan tekstur bopeng yang cenderung kasar. Sedangkan lactic acid atau asam laktat berguna untuk memperbaiki tekstur kulit sekaligus menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

Sementara retinoid berguna untuk menghaluskan bopeng atau bekas luka dengan cara mempercepat regenerasi sel dan menyamarkan noda bekas jerawat.

Untuk asam salisilat, bahan aktif obat jerawat ini membantu meratakan warna kulit dan merangsang pengelupasan alami kulit, sehingga dapat menyamarkan bopeng bekas jerawat.

Dikutip dari American Academy of Dermatology Association, obat jerawat biasanya hanya dapat menghilangkan bopeng yang ringan. Agar hasilnya memuaskan, perawatan dengan obat jerawat ini perlu rutin.

2. Dermabrasi

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved