Breaking News:

Apa Itu Coronasomnia atau Covidsomnia, Ini Tips Tidur agar Nyenyak dan Lelap Akibat Stres Pandemi

Coronasomnia merupakan kesulitan tidur karena stres selama pandemi Covid-19 dan segala hal lain yang berubah karena virus

Editor: Welly Hadinata
ilustrasi
Ilustrasi Tidur 

SRIPOKU.COM - Pandemi Covid-19 memengaruhi segala aspek kehidupan dan memaksa mengubahnya untuk menyesuaikan dengan banyak aturan ketat.

Oleh sebab itu, gangguan kesehatan seperti insomnia atau kesulitan tidur akibat stres karena pandemi Covid-19 menjadi sering terjadi.

Coronasomnia merupakan kesulitan tidur karena stres selama pandemi Covid-19 dan segala hal lain yang berubah karena virus.

“Coronasomnia atau covidsomnia, adalah istilah untuk menggambarkan masalah tidur terkait stres akibat pandemi Covid-19,” kata psikolog perilaku dan gangguan tidur Michelle Drerup, PsyD, kepada Cleveland Clinic.

Tingkat stres meningkat selama pandemi karena berbagai alasan, termasuk kesepian, kesulitan ekonomi, perubahan pada pekerjaan dan sekolah, dan menghadirkan tantangan pengasuhan.

Michelle menjelaskan, semua stres dan kurang tidur dapat memiliki dampak negatif yang besar pada kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Salah satu kekhawatiran yang khusus untuk pandemi adalah efeknya pada sistem kekebalan tubuh.

“Ketika seseorang kurang tidur secara kronis, mereka cenderung menurunkan kekebalan dan itu membuat kerentanan kita terhadap virus lebih tinggi,” kata Michelle.

Kurang tidur juga berdampak negatif pada perubahan emosi dan suasana hati.

Gangguan tidur kronis berpotensi menyebabkan masalah kardiovaskular dan metabolisme yang memburuk, termasuk peningkatan risiko kenaikan berat badan, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved