Breaking News:

Ingin Dinyatakan Sembuh ? Pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri Harus penuhi Persyaratan ini

Selama menjalani isolasi mandiri, seorang pasien disarankan untuk mengikuti instruksi-instruksi yang diberikan oleh tenaga kesehatan yang menanganinya

Editor: Ahmad Sadam Husen
ISTIMEWA
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM -- Tingginya angka kasus Covid-19 di Tanah Air dan terbatasnya ketersediaan tempat tidur di rumah sakit membuat pemerintah menerapkan kebijakan isolasi mandiri (isoman).

Kebijakan ini dikhususkan bagi masyarakat yang terjangkit Covid-19 tanpa gejala atau dengan gejala ringan.

Selama menjalani isolasi mandiri, seorang pasien disarankan untuk mengikuti instruksi-instruksi yang diberikan oleh tenaga kesehatan yang menanganinya.

Lantas, jika telah menjalani isolasi mandiri, apa kriteria seorang pasien terjangkit Covid-19 agar dirinya dinyatakan sembuh ?

===

Pasien Gejala Ringan-Sedang

Dikutip dari Kompas.com, dokter spesialis penyakit dalam Andi Khomeini Takdir mengatakan, pasien Covid-19 bisa melepas masa isoman atau dikatakan sembuh jika sudah 10 hari ditambah tiga hari bebas gejala.

"Untuk gejala ringan hingga sedang, itu biasanya kita mengevaluasi mereka selama isoman itu 10 hari, dan ditambah lagi 3 hari bebas gejala," ujar Andi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (14/7/2021) siang.

Setelah itu, lanjut Andi, baru boleh melakukan aktivitasnya kembali, namun dengan memperhatikan kekuatan dan kesanggupannya.

Suasana ruangan Tower 4 RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyiapkan tower 4 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 yang hendak melakukan isolasi mandiri.
Suasana ruangan Tower 4 RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyiapkan tower 4 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 yang hendak melakukan isolasi mandiri. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

===

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved