Breaking News:

Berita OKI

Jaksa Pikir-pikir, 6 Pelaku Bobol Rekening ATM di Kayuagung Divonis Majelis Hakim 3 Tahun Penjara

Para terdakwa tersebut dijatuhi hukuman 3 tahun penjara atau hukuman lebih ringan dari tuntutan jaksa yakni 4,6 tahun

SRIPOKU.COM/ANTON
Ilustrasi ATM 

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG - Sidang putusan bobol rekening ATM BRI yang menjerat 6 orang terdakwa AY(19), GS (26), K (53), YL (25), J (50), dan RR (19) digelar di Pengadilan Negeri Kayuagung, Kamis (10/6/2021) pagi.

Para terdakwa tersebut dijatuhi hukuman 3 tahun penjara atau hukuman lebih ringan dari tuntutan jaksa yakni 4,6 tahun.

Dalam persidangan itu, Majelis Hakim, Eddy Daulata Sembiring didampingi anggota majelis Made Gede Kariana SH dan Anisa Lestari membacakan amar putusan.

Dirinya mengatakan ke 6 terdakwa secara sah dan meyakinkan bersalah telah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum turut serta mengakses komputer atau sistem elektronik dengan tujuan untuk memperoleh untuk memperoleh informasi elektronik.

Dan turut serta memanfaatkan mentransfer, mengalihkan, membelanjakan atau membayarkan dengan tujuan menyembunyikan atau menyamarkan asal usul harta kekayaan sebagai mana dalam dakwaan kombinasi penuntut umum.

"Dengan begitu masing-masing terdakwa dihukum 3 tahun penjara dan pidana denda Rp100 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan 3 bulan penjara," kata Eddy.

Menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalan para terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang telah dijatuhkan.

"Hukuman ini jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum sebelumnya. Putusan pengadilan bisa lebih rendah dan tinggi dari JPU dan bisa saja bebas,"

"Itulah fungsi hakim yang berdasarkan fakta dan pertimbangan sebagaimana  dimuat dalam putusann pengadilan," papar dia.

Sementara itu, Candra Eka Septiawan SH kuasa hukum terdakwa menjelaskan seluruh kliennya sudah  menerima vonis tersebut dan tidak akan melakukan banding karena putusan ini jauh lebih ringan dari tuntutan JPU. 

Halaman
12
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved