Breaking News:

Berapa Lama Lagi Pandemi Corona akan Berakhir? Ini Jawaban Ahli Mikrobiologi Prof Yuwono

Ahli Mikrobiologi Sumsel sekaligus Direktur RS Pusri, Prof Dr dr Yuwono M Biomed mengatakan bahwa pandemi saat ini bisa saja menjadi epidemik

SRIPOKU.COM/MAYA CR
Prof Yuwono Ahli Mikrobiologi 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya Citra Rosa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Menginjak tahun kedua Covid-19 melanda Indonesia, banyak yang mempertanyakan berapa lama lagi pandemi ini akan berakhir.

Ahli Mikrobiologi Sumsel sekaligus Direktur RS Pusri, Prof Dr dr Yuwono M Biomed mengatakan bahwa pandemi saat ini bisa saja menjadi epidemik yang dapat berlangsung lima tahun lebih.

Hal ini berkaca dari beberapa wabah yang pernah terjadi sebelumnya seperti SARS yang terjadi hingga 12 tahun, dan akhirnya menjadi epidemik.

"Kalau ditanya berapa lama pandemi ini, bisa menjadi epidemik lima tahun mungkin lebih. Bisa menjadi epidemik nantinya karena terlokalisir dengan imunitas masyarakat yang kuat," ujarnya dalam bincang Walk the Talk with Wenny, Jumat (7/5/2021).

Selain pandemi yang dapat berlangsung lama, pembuatan vaksin yang normal sebenarnya jugs membutuhkan waktu hingga lima tahun.

Namun karena kebutuhan vaksin dituntut untuk dapat segera dibuat, sehingga fase pembuatan vaksin dipercepat hingga dinyatakan lolos uji klinik.

"Sebenarnya uji klinik fase 1,2 dan 3 itu harusnya pada hewan dan manusia itu butuh hingga lima tahun, tapi diperbolehkan untuk dipercepat prosesnya karena kebutuhan kita saat pandemi ini," ujarnya.

Namun ada catatan bahwa vaksin yang dibuat tidak boleh diberikan kepada orang yang memikiki komorbid, karena tubuhnya tidak akan membentuk antibodi.

"Tidak seperti mereka yang tidak ada komorbid, banyak yang mengalami reaksi alergi pada orang yang komorbid, lebih sensitif dan tumpul," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: maya citra rosa
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved