Breaking News:

Aplikasi Songket : Inovasi Baru Cegah Potensi Dini Karhutla Sumsel

Aplikasi ini pun lebih canggih karena ada 11 menu unggulan yang menjadi perbedaan dari aplikasi yang pernah ada.

SRIPOKU.COM/Jati Purwanti
Peluncuran aplikasi Songket oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru di Griya Agung, Jumat (7/5/2021) kemarin. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG — Aplikasi Sistem Operasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Terpadu (SONGKET) Sumatra Selatan (Sumsel) diluncurkan oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru di Griya Agung, Jumat (7/5/2021) kemarin.

Songket merupakan aplikasi pertama yang mengaplikasikan jarak dan rute terdekat menuju titik panas atau titik api berikut dukungan sumber daya air dan posko terdekat di Indonesia.

Wong Palembang, Ini Sosok Esa Sigit, Mantan Terindah Amanda Manopo, Alumni SD YKPP 2 Komperta Plaju

Aplikasi ini pun lebih canggih karena ada 11 menu unggulan yang menjadi perbedaan dari aplikasi yang pernah ada.

Herman Deru mengatakan, bangga bahwa Sumsel mampu menghasilkan inovasi baru untuk mencegah potensi dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang digagas oleh Pemprov Sumsel, Polda Sumsel, WRI Indonesia dan Forum DAS Sumsel.

Tata Cara Sholat Idul Fitri di Wilayah Zona Hijau dan Kuning Covid-19 di Palembang, RT Dilibatkan

"Nama aplikasi menggunakan kearifan lokal Sumsel, untuk pencegahan sejak dini potensi karhutla. Masyarakat juga bisa menjadi pelapor yang langsung dapat diterima oleh petugas yang ada di command center lengkap dengan titik koordinat dan titik akses menuju lokasi," katanya.

Aplikasi ini juga didukung oleh Server yang diberikan oleh WRI Indonesia kepada Pemprov Sumsel.

Selain itu, aplikasi juga diintegrasikan dengan kamera pengintai (asap digital) bekerjasama dengan Telkom, untuk dipasang pada tower BTS Telkom di Sumsel.

Mengapa Jenazah Harus Dimandikan Padahal akan Dikubur ke Dalam Tanah? Ternyata Beginilah Alasannya

Direskrimsus Polda Sumsel, Kombes Pol Anton Setiyawan menyebutkan,  ada 11 menu unggulan pada aplikasi SONGKET antara lain informasi jarak terdekat ketika ada terdeteksi titik api, termasuk data eksternal berupa peta data perkebunan milik perusahaan maupun perorangan, kamera pengintai (asap digital), batas kawasan.

Pada saat peluncuran aplikasi tersebut, Project Manager Restorasi Gambut WRI Indonesia, Almo Pradana juga memberikan bantuan berupa satu unit server DELL Poweredge R740, 1 unit sistem data & informasi ekosistem gambut, & 1unit sistem data dan informasi kehutanan kepada Pemprov Sumsel sebagai dukungan untuk program tersebut. (mg3)

Peluncuran aplikasi Songket oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru di Griya Agung diikuti Unsur Muspida
Peluncuran aplikasi Songket oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru di Griya Agung diikuti Unsur Muspida (SRIPOKU.COM/Jati Purwanti)
Penulis: Jati Purwanti
Editor: bodok
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved