Breaking News:

Berita Palembang

Warga Sukabangun Kecewa Pemasangan Air PDAM tak ada Kepastian, Ini Tanggapan Walikota Palembang

Pasalnya, hingga saat ini daftar tunggu calon pelanggan baru PDAM Tirta Musi di 2021 ini masih diangka 10.000 pelanggan. 

sripoku.com/rahmalia
Walikota Palembang, H Harnojoyo saat peresmian Graha PDAM Tirta Musi, Selasa (6/4/2021) 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Warga Kota Palembang yang belum mendapatkan akses sambungan air bersih dari PDAM Tirta Musi,  tampaknya masih harus menanti kembali. 

Pasalnya, hingga saat ini daftar tunggu calon pelanggan baru PDAM Tirta Musi di 2021 ini masih diangka 10.000 pelanggan. 

HR, salah seorang warga Sukabangun II menceritakan jika ia sudah cukup lama mengajukan untuk pemasangan jaringan air bersih dari PDAM Tirta Musi. Namun, hampir enam bulan sudah ia belum mendapatkan kepastian. 

"Ini pipa induknya sudah ada tapi kami mengajukan sudah enam bulan tak dapat kabar. Sesuai informasi, katanya kami harus menunggu sesuai daftar antri pemasangan," ujarnya, Selasa (6/4/2021)

Dirinya berharap, perusahaan bisa segera merespon antrian tunggu pelanggan sehingga tidak terkatung-katung seperti saat ini. "Mudah-mudahan kami harap dapat kabar baik," katanya. 

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Tirta Musi, Andi Wijaya menjelaskan, perusahaan daerah telah mengupayakan percepatan pemasangan pada calon pelanggan baru yang masuk dalam daftar tunggu.

Setidaknya, dari 15 ribu antrian daftar tunggu, PDAM telah memasang jaringan baru untuk 5000 pelanggan.

"Sisa tinggal 10 ribu pelanggan yang masuk dalam daftar tunggu kami. Kita upayakan berangsur akan segera mengurangi jumlah antrian daftar tunggu," katanya. 

Andi menambahkan, dari jumlah 5.000 pelanggan baru yang telah terpasang mayoritas berada di kawasan sebelah Barat Kota Palembang seperti Talang Jambe, Tanjung Barangan mulai dibangun jaringan baru. 

"Tinggal masalahnya di sisi timur Palembang, yang rencananya kita minta dukungan pendanaan dari APBN seperti Sematang Borang, Mata Merah di 2022 mendatang," katanya. 

Kapasitas produksi air bersih juga ditingkatkan tahun ini menjadi 500 liter/detik dengan estimasi pelanggan yang dapat teraliri mencapai 80 ribu pelanggan. 

Sementara itu, Walikota Palembang, H Harnojoyo mengatakan, untuk mendukung peningkatan kualitas produksi air bersih di Kota Palembang, pembangunan Embung sebagai tempat penampungan air baku PDAM Tirta Musi telah masuk dalam program prioritas Pemerintah Kota. 

Harno pun telah meminta dukungan Pemerintah Pusat agar program pembangunan Embung masuk dalam program proyek strategis nasional (PSN), sehingga pendanaan dari pusat diharapakan dapat mempercepat peningkatan kualitas produksi. 

"Target kami di 2023, kapasitas produksi PDAM Tirta Musi melampaui hasil yang ada saat ini. Jadi semua daerah di Palembang bisa mendapatkan akses air bersih," katanya.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved