Breaking News:

Kemelut Partai Demokrat

 Kantongi Surat Kesetiaan, AHY: Saya Ketua Umum Partai Demokrat yang Sah!

Agus Harimurti Yudhoyono menegaskan, dialah ketua umum Partai Demokrat yang sah. AHY mengklaim kantongi surat kesetiaan dari pengurus di daerah.

Editor: Sutrisman Dinah
Tribunnews.com
Agus Harimurti Yudhoyono dan Moeldoko (kanan) 

SRIPOKU.COM --- Agus Harimurti Yudhoyono menegaskan bahwa dirinyalah Ketua Umum Partai Demokrat yanng sah.  Menurutnya Kongres Luar Biasa (KLB) di Sumatera Utara adalah ilegal.

"Kami secara khusus mengundang rekan-rekan wartawan untuk hadir dalam konferensi pers yang saya sampaikan langsung dalam kapasitas sebagai Ketua Umum Partai Demokrat yang sah," kata AHY, di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (05/03/2021) sore.

Konferensi pers itu digelar AHY setelah Moeldoko dinyatakan terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat dalam KLB yang digelar di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Baca juga: KLB Partai Demokrat  Pilih Ketua Umum Moeldoko, Andi Mallarangeng Bilang “Abal-abal”

Baca juga: Ketua DPC PD Palembang Anton Nurdin: Lucu Moeldoko tak Pegang KTA Bisa Jadi Ketum Partai Demokrat

Menurut AHY, KLB di Sibolangit tidak memenuhi tiga syarat penyelenggaraan KLB Partai Demokrat. Salah satunya adalah dihadiri 2/3 dari jumlah pengurus daerah partai.

"Mengapa KLB di Sumatera Utara hari ini adalah ilegal? Setidaknya untuk bisa diselenggarakan KLB, berdasarkan AD/ART Partai Demokrat adalah disetujui, didukung, dihadiri 2/3 dari jumlah DPD," kata AHY.

Selain itu, KLB itu harus disetujui, didukung, dan dihadiri setengah dari jumlah DPC.

AHY menuturkan, syarat kehadiran angka minimal tersebut membuat KLB dapat diinisiasi dan diselenggarakan berdasarkan AD/ART partai.

Syarat ketiga, menurut AHY, adanya persetujuan dari Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat. Dalam hal ini yaitu persetujuan dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Baca juga: Marzuki Alie Jadi Tokoh Kunci, Hadiri KLB Partai Demokrat di Sibolangit Hari Ini

"Dan ada lagi tambahannya, harus persetujuan dari ketua majelis tinggi partai," katanya.

Kemudian, , AHY menyebut bahwa KLB yang digelar mantan-mantan kader Partai Demokrat itu, sebagai dagelan atau lawakan. Pasalnya tak bisa diterima dengan akal sehat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved