Breaking News:

KEJAGUNG Ungkap Daftar Kesalahan Rizieq Shihab dan Pasal Berlapis yang Menjeratnya, SEGERA DISIDANG

Hal ini menandakan jika Habib Rizieq, demikian dia disapa para pendukungnya di FPI, akan segera diadili

Warta Kota
Habib Rizieq Shihab: KEJAGUNG Ungkap Daftar Kesalahan Rizieq Shihab dan Pasal Berlapis yang Menjeratnya, SEGERA DISIDANG 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Tak lama lagi, Rizieq Shihab akan segera disidang, sebab berkas perkara dugaan pelanggaran protokol kesehatan sudah diterima Kejagung RI.

Hal ini menandakan jika Habib Rizieq, demikian dia disapa para pendukungnya di FPI, akan segera diadili, di mana tempatnya di PN Jakarta Timur.

Dalam berkas perkara tersebut, pihak Kejagung RI dalam hal ini disampaikan oleh Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Kejagung RI yakni, melalui Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung RI, Leonad Eben Ezer Simanjuntak mengatakan, jika surat keputusan MA tentang penunjukkan PN Jakarta Timur untuk memeriksa dan memutus berkas perkara tindak pidana kekarantinaan Kesehatan atas nama terdakwa MR dak kawan-kawan," ungkap Leo.

Daftar Kesalahan Habib Rizieq

Selanjutnya, Leonard menyampaikan, jika ada tiga perkasa Rizieq Shihab yang menjeratnya dalam UU Kekarantiaan yakni.

1. Kasus di Petamburan, di mana berkumpul kerumunan massa di acara pernikahan putri Habib Rizieq dan juga acaraya yang dihadiri oleh FPI.

2. Kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan dan megamendung yang juga mengundang kerumunan massa.

3. Kemudian didugaan menghalang-halangi penanganan wabah Covid-19 yakni menolak tes usap (swab tes di RS Ummi Bogor.

Daftar Pasal Berlapis yang dikenakan

1. Habib Rizieq disangkakan pasa 160 KUHP dan atau pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantiaan Kesehatan jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP dan pasal 216 KUHP jo Pasal 55 ayat 1 ke-KUHP.

2. Selain Habib Rizieq, ada HU, MS, AAA, ASL dan IAH yang disangkakan pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan Pasal 216 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

3. Selanjuntya, dalam perkara yang terjadi di RS Ummi Bogor, Rizieq Shihab serta AA dan MHA disangka melanggar Pasal 14 dan/atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan atau Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) UU Nomor 4 Tahun 1984 Tentang Wabah Penyakit Menular dan/atau Pasal 216 KUHP jo Pasal 55 KUHP dan atau Pasal 56 KUHP.

4. Kemudian dalam perkara di Pondok Pesantren di Megamendung, Rizieq disangka melanggar Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) UU Nomor 4 Tahun 1984 Tentang Wabah Penyakit Menular dan/atau Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan/atau Pasal 216 KUHP.

Menurut Leonard, Habib Rizieq dikenakan tiga perkasa dan pasal berlapis.

Yakni, Ada tiga berkas perkara yang telah dilimpahkan polisi ke Kejagung. Berkas itu meliputi kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan terkait kerumunan di Petamburan dan Megamendung.(Kompas.com)

Editor: Hendra Kusuma
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved