Breaking News:

Vaksin untuk Lansia

Kabar Baik: Menkes Izinkan Vaksin untuk Lanjut Usia Mulai Senin, Sinovac Sudah Diuji Coba di Brasil

Kementerian Kesehatan mengeluarkan izin penggunaan vaksin untuk kelompok lanjut usia dan BPOM merekomendasi vaksin produksi Sinovac.

Editor: Sutrisman Dinah
Biro Pers Setpres/Rusman
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin izinkan vaksin untuk usia lanjut. 

SRIPOKU.COM -- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengizinkan pemberian vaksin Covid-19 untuk kelompok umur lanjut usia atau lansia.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin pemberian vaksi CoronaVac produksi Sinpvac. Izin diberikan setelah melihat hasil uji klinis yang dilakukan terhadap lansia di Brazil.

“BPOM Telah mengeluarkan persetujuan penggunaan emergency use authorization vaksin CoronaVac untuk usia di atas 60 tahun dengan dua dosis suntikan vaksin yang diberkan dalam selang waktu 28 hari”, kata Kepala BPOM Penny K Lukito seperti dikutip Kompas.TV, Minggu (07/02/2021).

Penerima Vaksin Covid-19 Sinovac Rentang Usia 18 -59 Tahun, Bagaimana Dengan Lansia 60 Tahun ke Atas

MENGEJUTKAN, Vaksin Covid-19 Palsu Beredar di Masyarakat: Diekspor ke Luar Negeri

Kepala BPOM mengingatkan, agar pemberian vaksin untuk Lansia harus dilakukan secara hati-hati, meningat kelompok usia lanut rentan terhadap berbagai penyakit komorbid atau penyakit penyerta.

Dikatakan, jumlah usia lanjut merupakan populasi berisiko tinggi, Sehingga pemberian vaksin ini juga harus dilakukan secara hati-hati. 

Penny K Lukito meminta agar sasaran vaksinasi untuk kelomok dilakukan proses skrining secara ketat dan hati-hati, sehingga tidak menimbulkan masalah lain.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan sinyal pemberian vaksin covid-19 bagi lanjut usia akan dimulai hari Senin (08/02/2021).

Dikatakan, vaksin dinyatakan dapat diberikan pada kelompok Lansia dikarenakan vaksin CoronaVac baru dapat izin emergency use authorization (EUA) dari BPOM, yakni kelompok masyarakat usia 18-59 tahun.

Jangan Lupa, Ini Syarat dan Kriteria yang Harus Dipenuhi Jika Ingin Menerima Vaksin Covid-19

“Saya mendapat informasi bahwa tenaga kesehatan diatas 60 tahun sebenarnya ada sekitar 11.600 mereka belum bisa disuntik vaksin karena emergency use authorization (EUA) BPOM pertama kali untuk usia 18-59 tahun,” kata Budi Gunadi di Jakarta seperti dikutip Tribunnews.com, Minggu sore.

Pemerintah memberikan akses vaksin untuk Lansia karena resiko fatal yang mengiringi Lansia jika terkena Covid-19.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved