Breaking News:

Vaksin Covid 19 Tiba di Sumsel

Curhat Seorang Nakes di Prabumulih Jika Nanti Divaksin: Takut tapi Siapa Lagi yang Akan Jadi Contoh

Prabumulih akan mendapat jatah 2816 vaksin Covid-19 dan rencananya seluruhnya akan diberikan kepada tenaga kesehatan di Prabumulih.

Editor: Refly Permana

SRIPOKU.COM, PRABUMULIH - Kepala Dinas Kesehatan Prabumulih, dr Happy Tedjo, mengatakan Prabumulih akan mendapat jatah 2816 vaksin Covid-19 dan warga bakal divaksin telah dilakukan pendataan.

"Kita sudah dapat info jatah vaksin Covid-19 bakal didapat, ada 2816 dosis dan sebanyak 2816 tenaga medis telah kita data untuk itu," tegas Tedjo ketika diwawancarai, Senin (4/1/2021).

Pria yang sebelumnya menjabat Direktur RSUD Prabumulih itu menuturkan pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk pengambilan vaksin Covid-19 itu.

Baca juga: Dua Mantan Pasien Covid-19 di PALI Berbagi Motivasi: Anggap Bully Angin Lalu, Hidup Terus Berjalan

"Pengambilan akan dilakukan langsung ke Peovinsi Sumsel dan akan dikawal petugas kepolisian," katanya.

Tedjo mengaku, pihaknya telah melakukan pendataan sebanyak 2816 tenaga medis untuk divaksin lantaran yang bakal dilakukan vaksin adalah tenaga medis.

"Tenaga kesehatan menjadi prioritas yang bakal divaksin mengingat berhubungan dengan pelayanan orang sakit," jelasnya.

Tedjo menuturkan, setelah tiba di Prabumulih, nantinya vaksin akan langsung didistribusikan ke puskesmas-puskesmas yang ada di Prabumulih.

Hal itu perlu dilakukan langsung mengingat tempat untuk menyimpan dalam jumlah besar tidak ada.

"Nanti akan langsung didistribusikan ke puskesmas," tuturnya.

Baca juga: Jumlah KPM Penerima 3 Bantuan Sosial yang Didistribusikan Tahun Ini, Jika Ada Potongan Segera Lapor

Ditanya apakah dalam pendataan dilakukan Dinkes terhasap petugas medis banyak yang cemas atau bahkan menolak, Tedjo menuturkan tenaga kesehatan yang dilakukan pendataan siap diberikan vaksin.

"Alhamdulillah nakes siap dan mau semua, paling yang perlu dihindari itu yang takut dengan jarum dan alergi," bebernya.

Disinggung apakah Kadinkes akan divaksin untuk pertama sebagai contoh bagi ribuan tenaga kesehatan, Tedjo menuturkan dirinya juga siap dan tidak takut divaksin.

"Tidak takut karena sama seperti suntik biasa. Seperti disuntik jarum biasa, paling nanti ada rasa pegal sehari habis itu sembuh," tambahnya.

Sementara itu beberapa tenaga kesehatan yang bertugas di sejumlah rumah sakit di kota Prabumulih mengaku ada sedikit kecemasan untuk divaksin namun harus mau agar terbebas dari Virus Corona.

Baca juga: Doa Setelah Solat Lima Waktu, Solat Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib, Isya Bacaan Latin dan Arab

"Takut itu jelas lah, manusiawi. Tapi siapa lagi yang mau memberi contoh kalau tidak tenaga kesehatan, jadi kita harus siap apalagi untuk kesehatan dan mengatasi tertular Virus Corona," ujar satu diantara petugas kesehatan ketika dibincangi seraya meminta nama jangan disebutkan.

Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved