Breaking News:

Buronan KPK

KPK Masih Buru 10 Koruptor, Politisi Harun Masiku Jadi Sorotan

Komisi Pemberantasan Korupsi memburu 10 buronan koruptor, tiga diantaranya berhasil ditangkap. Politisi PDI-Perjuangan Harun Masiku jadi sorotan.

Editor: Sutrisman Dinah
ist
Gedung KPK 

SRIPOKU.COM --- Menjelang akhir 2020, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatatkan kejutan ketika menangkap dua Menteri di kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin.

Pertama tim Satuan Tugas Khusus KPK menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang terjaring korupsi perizinan ekspor benih lobster. Kemudian, menangkap Menteri Sosial Juliari P Batubara yang tersangkut kasus suap pemberian bantuan untuk korban akibat wabah virus corona atau Covid-19.

Selain sebagai pejabat tinggi negara, keduanya merupakan petinggi partai. Edhy Prabowo adalah wakil ketua umum Partai Gerindra; sedangkan Juliari Batubara adalah wakil bendahara Partai PDI-Perjuangan.

Baca juga: Bulan Madu Dipaksa Berakhir, KPK Tagih Laporan Kekayaan Menteri Baru

Baca juga: Edhy Prabowo Jadi Tersangka, Buronan KPK Harun Masiku Jadi Sorotan

Selain "prestasi" ini, sepanjang 2020 KPK  mencatat ada 10 koruptor yang berstatus sebagai Daftar Pencarian Orang atau buronan.

Dari 10 buronan KPK ini, diantaranya telah berhasil ditangkap dan saat ini sedang diproses oleh KPK baik di penyidikan maupun di persidangan.

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango membeberkan, tiga buronan yang ditangkap itu tersangkut kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

Ketiganya yakni eks Sekretaris MA Nurhadi; menantunya, Rezky Herbiyono; dan Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto.

"Jumlah DPO yang diterbitkan adalah sebanyak 10 orang, dimana tiga orang telah dilakukan penangkapan. Dan yang hingga saat ini masih dalam pencarian sebanyak tujuh orang," kata Nawawi seperti dikutip Tribunnews.com, Kamis (31/12/2020).

Baca juga: Perkuat Budaya Antikorupsi Pupuk Indonesia Grup Gandeng KPK

Sementara itu, tujuh tersangka yang hingga saat ini masih diburu oleh KPK yaitu:

1. Harun Masiku, tersangka kasus dugaan suap pengurusan proses pergantian antarwaktu (PAW) Anggota DPR periode 2019-2024; Harun Masiku adalah calon anggota DPR RI dari Sumatera Selatan.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved