Breaking News:

Berita Banyuasin

Jelang Natal dan tahun Baru 2021, Makanan Berbahan Formalin Ditemukan di Banyuasin

Tim gabungan Pemkab Banyuasin temukan makanan yang menggunakan formalin beredar di Pasar wilayah Bumi Sedulang Setudung.

Penulis: Mat Bodok | Editor: Refly Permana
sripoku.com/matbodok
Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Banyuasin Erwin Ibrahim ST MM MBA bersama tim gabungan Pemkab Banyuasin sidak pasar. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Mat Bodok

SRIPOKU.COM, BANYUASIN – Tim gabungan Pemkab Banyuasin temukan makanan yang menggunakan formalin beredar di Pasar wilayah Bumi Sedulang Setudung ketika melakukan inspeksi mendadak (Sidak), Rabu (23/12/2020) sore.

Tim tadi terdiri dari Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Dinas Kesehatan, Satpol PP,  Dinas Ketahanan Pangan, TNI/POLRI, sidak di Pasar Talang Kelapa, Pasar Sukomoro, dan Pasar Kenten.

Hasil sidak tadi, ditemukan bahan makanan yang mengandung formalin yang membahayakan bagi kehidupan masa depan seperti beredar di pasaran yakni, mie kuning, tahu, ikan asin, dan kempelang merah di Pasar Sukomoro dan Pasar Kenten.

“Iya kita temukan, makanan mengandung formalin,” kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Banyuasin, Erwin Ibrahim ST MM MBA, kepada wartawan.

Baca juga: Dirjen Perbendaharaan Sumsel Patungan Bantu Warga Terdampak Covid-19 di Sumsel

Sidak ini bertujuan untuk mengawasi kesadaran pedagang akan penjualan bahan makanan yang berbahaya.

Diketahui adanya bahan makanan yang biasa dikonsumsi masyarakat setelah tim gabungan mengambil satu persatu sampel makanan untuk di tes dan hasilnya sangat mengejutkan, karena masih ada pembuat bahan makan tersebut menggunakan bahan berbahaya.

Terkait kesedian dan harga bahan pokok di pasaran menjelang Natal dan Tahun Baru masih normal.

Hanya saja dirinya kecewa masih ada pedagang mau menjual bahan makanan bercampur formalin.

"Untuk bahan makanan lain aman, dan hanya saja cabai, minyak, sayur, telur, mengalami kenaikan harga," tutur Erwin.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved