Breaking News:

Bupati Lahat Cik Ujang Sambangi Warga Pasar Bawah Pasca Kebakaran Ini Janjinya & Sebut Rumah Type 36

Bupati Lahat, Cik Ujang SH, rumah hangus terbakar bagi 62 warga Pasar Bawah,  Kecamatan Lahat, pada 2021 akan segera bangun kembali.

Penulis: Ehdi Amin | Editor: adi kurniawan
SRIPOKU.COM/EHDI AMIN
Bupati Lahat menggelar pertemuan dengan warga korban kebakaran di Kelurhaan Pasar Bawah, Kecamatan Lahat, di Gedung Seba Guna Pasar Bawah, Kamis (17/12). 

Laporan Wartawan Sripoku. Com Ehdi Amin

SRIPOKU.COM, LAHAT -- Kamis (17/12) menjadi hari yang cerah sekaligus menggembirakan bagi 62 warga Pasar Bawah,  Kecamatan Lahat,  yang sebelumnya menjadi korban kebakaran,  Minggu (4/10).

Betapa tidak,  rumah yang sebelumnya hanya tinggal puing akan segera bangun kembali. 

Hal itu ditegaskan langsung Bupati Lahat, Cik Ujang SH, rumah hangus terbakar, pada tahun ini akan segera direalisaiskan.

Rekontruksi akan dilakukan oleh Pemkab Lahat, berdasarkan kesepakatan bersama warga Kelurahan Pasar Bawah, RT 03 dan 04 yang menjadi korban kebakaran. 

"Kita akan bangunkan rumah type 36 sesuai dengan kesepakatan bersama, warga korban kebakaran tinggal terima kunci," kata Cik Ujang, usai betemu bersama warga korban kebakaran. 

Cik Ujang menjelaskan, rekonstruksi rumah dilaksanakan di lahan milik masing-masing warga, dengan kesanggupan dan kesiapan Pemda.

Namun, atas kesepakatan bersama warga juga, apabila dalam pelaksanaan pembangunan seperti jalan, fasilitas umum dan untuk kepentingan masyarakat lahan milik warga ada yang diambil harus diberikan. 

"Saya sudah perintahkan lurah, nanti harus ada surat pernyataan, apabila ada tanah yang terpakai untuk membangun jalan ataupun fasilitas umum warga harus memberikan," tegas Cik Ujang

Sementara, untuk target rampungnya rekontruksi rumah korban bencana nasional itu, Cik Ujang mengatakan tahun 2021 selesai.

Karena, Cik Ujang telah menginstrukaikan kepada BPBD Dinas PUPR, Dinas PRKPP dan kelompok masyarakat yang akan melakukan pengerjaan rekontruksi rumah, pada bulan Desember 2020 sudah dilakukan peletakan batu pertama.

"Kita imbau warga jangan dengarkan kata orang lain, jangan mudah terprovokasi, terimalah pembangunan ini, yang sudah sesuai dengan keinginan masyarakat itu sendiri," sampainya. 

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved