Breaking News:

“GREEN BELT” Sebagai Pengejawantahan Lestari

“Greenbelt” adalah ruang terbuka hijau yang memiliki tujuan utama untuk mem­ba­tasi per­kembangan suatu penggunaan lahan atau membatasi aktivitas

ist
Ilustrasi kegiatan penanaman program sekat bakar hijau “green belt”  

Oleh: Abdullah bakri

Sosial forest spesialis di Palembang

“Green belt” adalah ruang terbuka hijau yang memiliki tujuan utama untuk mem­ba­tasi per­kembangan suatu penggunaan lahan atau membatasi aktivitas satu de­ng­an aktivitas lainnya agar tidak saling mengganggu (wikipedia).

Lebih tepatnya a­dalah sebuah tempat kawasan yang berinteraksi tinggi dengan memadukan ke­pen­­tingan konservasi dan perekonomian masyarakat sekitarnya.

Fungsi daerah pe­­nyangga tersebut dapat diwujudkan secara optimal dengan pengelolaan peman­fa­­atan jasa lingkungan, nilai ekonomi, dan konservasi lahan masyarakat, melalui rehabilitasi lahan yang ada.

Sejalan dengan definisi dari greenbelt tersebut, arti penting dari adanya greenbelt untuk daerah hutan produksi (HP) yang dibebani izin sangatlah besar manfaatnya bagi keberlangsungan pengelolaan hutan secara lestari.

Adapun manfaat yang da­pat dirasakan oleh pengelola hp yang dibebani izin antara lain;

1.      Fungsi ekologis, di­mana didalam fungsi ini manfaat yang akan dirasakan a­dalah lebih menekankan kepada permasalahan penyerap air hujan dan pe­nyedia habitat satwa;

2.      Fungsi ekonomis, dimana manfaat dari greenbelt ini adalah lebih kepada pe­­manfaatan ekonomi dari pemanfaatan area greenbelt melalui peng­am­bil­­an hasil berupa buah ataupun getah dari pengkayaan dan penanaman vegetasi hutan bagi perekonomian masyarakat;

3.      Fungsi sosial, adalah sebuah pemanfaatan areal dimana merupakan sebuah tempat interaksi antara pemegang izin dengan masyarakat sekitar melalui si­nergitas pemanfaatan ruang yang ada untuk kepentingan bersama.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved