Breaking News:

Opini Kita Hari Ini, Selasa (17/11) Tulisan Ariyadi SPdI : 'Pendidikan Penentu Pemimpin Masa Depan'

Pola asuh orang tua pastinya yang terbaik untuk anak-anaknya dan oleh karena itu, kita selaku orang tua harus bisa menjadi teladan bagi anak-anak kita

ExamJet Quiz Maker
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM, JATENG - MENDISKUSIKAN perihal pendidikan akan sangat menarik bagi siapa saja. 

Karena pada dasarnya pendidikan adalah proses yang harus dilalui oleh semua profesi bahkan untuk mewujudkan pemimpin ideal kita bisa mengukurnya melalui kualitas pendidikan yang saat ini sedang berjalan.

Dari masa ke masa pendidikan selalu hadir memberikan warna dan kebijakan yang berbeda. 

Jika hari ini ada seorang pemimpin yang bijak, maka itu adalah hasil pembelajaran dalam ruang pendidikan 20-40 tahun yang lalu. 

Oleh karenanya, jika kita bercita-cita memilki pemimpin ideal pada 20-40 tahun yang akan datang, maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk mulai mewujudkannya melalui proses dengan predikat pendidikan.

Kepemimpinan idealnya adalah sikap siapa saja yang mampu mengayomi dan memberikan teladan yang baik terhadap masyarakat.

Berbagai penelitian tentang seberapa jauh pengaruh pendidikan terhadap kualitas pemimpin sudah banyak dilakukan. 

Tentu bukan isapan jempol saja hasilnya, Malaysia misalnya, di era 1970-awal 1990-an gencar mengirimkan ribuan pelajar dan mahasiswa untuk belajar di negara yang sudah memiliki kualitas pendidikan yang lebih mapan.

Maka lihatlah sekarang di Malaysia, ada banyak kader yang siap untuk melanjutkan estafet kepemimpinan. 

Hal ini sedikit berbeda jika kita lihat dari minimnya calon pemimpin yang siap dan memiliki kompetensi yang baik, dalam gelaran Pilkada serentak 2020 misalnya, ada banyak kabupaten atau kota yang tidak memiliki kader dengan kompetensi yang sesuai akhirnya pasangan calon berkompetisi dengan kotak kosong. 

Halaman
123
Editor: aminuddin
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved