Breaking News:

PWMP ATU SMK PP Negeri Sembawa Raup Untung Lumayan dari Ayam Kampung

SMK PP Negeri Sembawa mendukung program PWMP kementrian pertanian dengan menumbuhkan minat siswa di bidang pertanian

SMK PP Negeri Sembawa
PWMP ATU SMK PP Negeri Sembawa Raup Untung Lumayan dari Ayam Kampung 

SRIPOKU.COM - Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) bertujuan untuk tercapainya dan terciptanya wirausaha-wirausahawan baru dalam bidang pertanian.

SMK PP Negeri Sembawa mendukung program PWMP kementrian pertanian dengan menumbuhkan minat siswa di bidang pertanian.

Siswa yang menjadi wirausaha mengajukan proposal melalui sekolah selanjutnya yang layak akan diberikan modal hibah untuk di pakai dalam kegiatan operasional wirausaha tersebut.

SMK-PP Negeri Sembawa merupakan salah satu unit pelaksanaan teknis (UPT) dibawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) yang mempunyai fungsi sebagai lembaga penyelenggara pendidikan vokasi Pertanian menengah.

Ihsan Fitri , Hanny Helen, dan  Raihan Ardiansyah dijumpai di instalasi kandang (12/11/2020) berwirausaha dibidang peternakan yaitu dengan memelihara ayam kampung.

Untuk pemeliharaan ayam kampung sendiri  memerlukan waktu kurang lebih tiga bulan sampai panen, dengan bobot ayam yang rata rata mencapai 1 kg/ekor.

Peliharaan ayam kampung tidak begitu sulit, untuk pemberian pakan pada waktu DOC (Day Old Chick) dilakukan tiga kali sehari yaitu pagi, siang, dan malam, kemudian jika ayam sudah berumur satu bulan pakan di berikan dua kali dalam sehari yaitu pagi, dan sore.

Baca juga: Biogas Dalam Integrasi Peternakan dan Pertanian di SMK PP Negeri Sembawa

Baca juga: Tambah Wawasan, Guru ATU SMK PP N Sembawa Study Banding ke BPTU-HPT Sembawa

Setiap kali pemberian pakan tidak lupa dilakukan sanitasi atau pencucian alat pakan dan minum ayam hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar ayam tidak mudah rentan terserang jamur atau bakteri lainnya yang dapat menggangu kesehatan ayam.

Saat ini ayam yang dipelihara ketiga siswa kelas XI program studi Agribisnis Ternak Unggas tersebut mencapai 150 ekor, baru-baru ini mereka telah memanen karena ayam kampung yang mereka pelihara sudah siap panen dan bobot ayam telah mencapai standar penjualan, merekapun meraih untung yang lumayan besar.

Wirausaha ayam kampung mempunyai prospek yang baik karena permintaan ayam di lingkungan kecamatan Sembawa yang cukup tinggi apalagi menjamurnya tempat makan dipinggir jalan seperti pecel lele yang menjadikan menu ayam bakar sebagai salah satu menunya.

Keuntungan penjualan sudah dapat dirasakan oleh siswa SMK-PP Negeri Sembawa sehingga siswa semakin bersemangat untuk berwirausaha.

Baca juga: Budidaya Terong Ungu SMK PP Negeri Sembawa

Baca juga: Kerja Bakti dalam Jumat Bersih SMK PP Negeri Sembawa Tanam Rumput Odot

Kepala SMK-PP Negeri Sembawa,Mattobi'i,MP menuturkan juga,bahwa PWMP merupakan kegiatan Kementan untuk mewujudkan regenerasi pertanian,yang dirancang untuk mengembangkan peluang bisnis bagi pemuda salah satunya yaitu para siswa SMK-PP Negeri Sembawa yang mampenjadi job creator atau pencipta lapangan kerja di sektor pertanian khususnya subsektor Agribisnis di masa yang akan datang.

Kepala BPPSDMP Dedy Nursyamsi menyampaikan melalui program PWMP kita dorong generasi milenial untuk menjadi wirausahawan sukses.Dan terbukti,saat ini kita telah memiliki banyak petani milenial sekaligus enterpreuner di bidang pertanian.

Hal ini juga menjadi perhatian Mentri Pertanianian Syahrul Yasin Limpo yang menyampaikan, pilihan tepat bila generasi muda berada di sektor pertanian.

“Sektor pertanian merupakan sektor yang dibutuhkan oleh semua pihak dan sektor Pertanian sangat diperlukan untuk mendukung kemajuan sebuah negara.Maka jangan takut menjadi petani dan Wirausahawa muda dibidang Pertanian,” seru Mentan.(rilis)

Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved