Breaking News:

Kerja Bakti dalam Jumat Bersih SMK PP Negeri Sembawa Tanam Rumput Odot

Jum'at, 6 November 2020. Pegawai dan guru SMK PP Negeri Sembawa lakukan kerja bakti di hari jum'at bersih.

SMK PP Negeri Sembawa
Pegawai dan guru SMK PP Negeri Sembawa lakukan kerja bakti di hari jum'at bersih, Jum'at, 6 November 2020 

SRIPOKU.COM, SEMBAWA - Jum'at, 6 November 2020. Pegawai dan guru SMK PP Negeri Sembawa lakukan kerja bakti di hari jum'at bersih.

Kerja bakti merupakan suatu bentuk interasi sosial yang akan memberikan dampak positif terhadap kebersihan lingkungan, penataan lingkungan sekaligus membangun keakraban antar pegawai.

Kegiatan kerja bakti dihubungkan juga dengan pengembangan kegiatan TEFA (Teaching factory/Teaching farm). Pengembangan TEFA yang dilakukan yaitu penghijauan lahan praktik dengan penanaman hijauan pakan ternak (HPT).

Penanaman hijauan pakan ternak dilakukan di areal pagar tembok kebun dalam, jenis tanaman yang di tanam adalah rumput odot.

Rumput odot yang ditanam nantinya akan dimanfaatkan sebagai pakan ternak sekaligus dapat memperindah kebun supaya terlihat hijau dan rapih.

Kerja bakti dilakukan mulai dari pukul 7.30 WIB, dengan semangat kelompok ibu-ibu membersihkan pinggiran pagar dari ranting-ranting pohon dan daun-daun kering, sementara kelompok bapak-bapak mencangkul dan menanami pinggiran pagar dengan rumput odot.

Rumput odot merupakan salah satu varietas rumput gajah (Pennisetum purpureum), di luar negeri rumput ini di kenal sebagai Napier Grass, atau Mott Elephant Grass. tanaman ini mampu tumbuh pada musim kemarau dengan tanah yang memiliki tingkat kesuburannya rendah.

Pegawai dan guru SMK PP Negeri Sembawa lakukan kerja bakti di hari jum'at bersih, Jum'at, 6 November 2020
Pegawai dan guru SMK PP Negeri Sembawa lakukan kerja bakti di hari jum'at bersih, Jum'at, 6 November 2020 (SMK PP Negeri Sembawa)

Baca juga: Sayur Asal India Ini Tumbuh Subur di Banyuasin Kini Dikembangkan Kelompok PWMP SMK PP Negeri Sembawa

Baca juga: Di Masa Pandemi Siswa ATU SMK PP Negeri Sembawa Berhasil Budidayakan Sorgum di Halaman Rumah

Baca juga: SMK PP Negeri Sembawa Bakal Jadi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan), Buka 3 Program Studi

Ciri ciri dari rumput odot sendiri adalah memiliki tinggi 40–75 cm, dalam satu rumpun rumput ini menghasilkan 50–80 batang.

Selain itu batangnya empuk, tidak berbulu, dan menghasilkan banyak ruas dalam satu rumpun. Serta memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari rumput gajah, yakni 11 persen.

Rumput Odot biasanya di gunakan sebagai pakan hewan ternak sapi atau domba. Pada musim panas rumput ini menjadi incran para peternak karena kualitasnya yang mampu bertahan hidup dalam kondisi sulit air sekalipun.

Kerja bakti berlangsung menyenangkan karena di sela-sela kegiatan ada saja canda tawa yang terjadi sehingga terpupuknya kekompakan antar pegawai.

Kepala SMK PP Negeri Sembawa Mattobi’i disela kegiatan menyampaikan dengan kegiatan kerja bakti jumat bersih diharapkan lingkungan menjadi bersih ditambah dengan bisa menanam untuk hijauan pakan ternak  sekaligus memupuk kebersamaan seluruh pegawai.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi dalam setiap arahan selalu menyampaikan bahwa SDM Pertanian harus selalu kompak dalam mencapai tujuan organisasi.

Pimpinan teratas kementerian Pertanian juga senastiasa dalam pembinaan beliau menyampaikan “pupuk kebersamaan, saling peduli, saling bantu tidak saling mensiasati dan mengakali” ujar Syahrul Yasin Limpo.

SMK PP Negeri Sembawa sendiri merupakan unit pelaksana teknis dibawah BPPSDMP Kementerian Pertanian yang mempunyai fungsi sebagai penyelenggaran pendidikan vokasi pertanian.

Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved