Berita Banyuasin

Sayur Asal India Ini Tumbuh Subur di Banyuasin Kini Dikembangkan Kelompok PWMP SMK PP Negeri Sembawa

Penumbuhan wirausahawan muda pertanian (PWMP) merupakan program yang dikembangkan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian

Editor: Yandi Triansyah
SMK PP Sembawa
Dua kelompok PWMP SMK PP Negeri Sembawa mencoba mengembangkan Oyong atau yang sering dikenal dengan gambas. 

SRIPOKU.COM, BANYUASIN - Penumbuhan wirausahawan muda pertanian (PWMP) merupakan program yang dikembangkan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian di Kementerian Pertanian RI [BPPSDMP] melalui Pusat Pendidikan Pertanian [Pusdiktan].

Program PWMP dirancang untuk menjadikan lembaga pendidikan sebagai center of agripreneur development berbasis inovasi agribisnis dengan bantuan modal usaha kepada mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian [Polbangtan] dan sarjana pertanian dari perguruan tinggi mitra BPPSDMP serta siswa sekolah kejuruan pertanian (SMK-PP).

Kegiatan PWMP dilaksanakan dalam tiga tahap selama tiga tahun yang dibagi menjadi tahap penyadaran di tahun pertama, tahun kedua untuk pengembangan dan tahun ketiga untuk tahap kemandirian.

"Bidang pertanian terbukti menjadi salah satu bidang yang bertahan di tengah wabah Covid-19.

Arahan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi yang mengatakan salah satu sektor yang tetap bertahan disegala kondisi termasuk pandemi covid 19.

Saat ini dibutuhkan sekelompok anak muda yang memiliki loyalitas dan integritas tinggi untuk memajukan sektor pertanian Indonesia.

“Melalui program PWMP kita dorong generasi milenial untuk menjadi wirausaha sukses. Dan terbukti, saat ini kita telah memiliki banyak petani milenial sekaligus enterpreneur di bidang pertanian,” ujar Dedi

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan, pilihan tepat bila generasi muda berada di sektor pertanian.

“Sektor pertanian merupakan sektor yang dibutuhkan oleh semua pihak dan sektor pertanian sangat diperlukan untuk mendukung kemajuan sebuah negara.

Maka jangan takut menjadi petani dan wirausaha muda dibidang pertanian,”seru Mentan.

SMK PP Negeri Sembawa sebagai salah satu lembaga pendidikan di bawah BPPSDMP yang mendapat program PWMP, juga melakukan kegiatan penumbuhan dan pengembangan kelompok PWMP.

Dua kelompok PWMP SMK PP Negeri Sembawa mencoba mengembangkan Oyong atau yang sering dikenal dengan gambas.

Oyong yang termasuk ke dalam famili Cucurbitaceae, berasal dari India, namun telah beradaptasi dengan baik di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Bagian yang dapat dimakan dari tanaman ini adalah buah muda, kegunaan lainnya antara lain serat bunga karangnya (bagian dalam buah tua) digunakan untuk sabut, daunnya digunakan untuk lalab atau dapat juga digunakan untuk obat bagi penderita demam.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved