Breaking News:

Inilah 7 Tanda Datangnya Angin Puting Beliung: diantaranya Terasa Panas dari Malam hingga Pagi

Bencana hidrometeorologi bisa terjadi pada masa pancaroba ini, di antaranya hujan lebat disertai petir, angin kencang atau puting beliung dan hujan es

Editor: Bejoroy
handout
Ilustrasi - Sebuah bangunan roboh disapu angin puting beliung dan hujan es di Kabupaten OKU Selatan, Rabu (23/9/2020) 

SRIPOKU.COM - Periode bulan September-Oktober di Indonesia sedang berada dalam masa peralihan musim kemarau ke musim hujan atau pancaroba.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan kepada masyarakat, agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya bencana lanjutan hidrometeorologi.

Bencana hidrometeorologi yang bisa terjadi pada masa pancaroba ini, di antaranya hujan lebat disertai petir, angin kencang atau puting beliung, dan hujan es.

Inilah 8 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Berkendara (2): Buka Kaca Sedikit dan Minta Ditemani

Waspadai Angin Puting Beliung, BMKG Palembang Sebut Berikut Ini Jadi Tanda-tandanya

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Sebelumnya, Rabu (23/9/2020) bencana angin puting beliung disertai hujan es telah terjadi dan merusak 25 rumah di Mekakau Ilir, Kabupaten OKU Selatan, Sumatera Selatan.

Seperti yang diwartakan TribunSumsel.com, angin puting beliung tersebut merusak bangunan di Desa Selabung Belimbing Jaya, Pulau Duku, Teluk Agung dan Tanjung Besar, sekitar pukul 16.00 WIB.

Angin puting beliung muncul bersamaan dengan hujan lebat disertai bongkahan es, dan terjadi 30 menit hingga merusak pemukiman dan perkebunan warga sekitar. Bahkan, satu orang dikabarkan mengalami luka ringan.

"Hampir seluruh wilayah di Sumatera Selatan berpotensi terjadi bencana tersebut," kata V Sinta Andayani selaku Kepala Unit Analisa dan Prakiraan Stasiun Meteorologi SMB II Palembang dalam keterangan tertulisnya.

14 Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan (1). (Penabiru)

Tetapi, Sinta menyebutkan bahwa sebenarnya kejadian atau fenomena bencana puting beliung bisa Anda waspadai dengan mengenali beberapa tanda-tandanya, seperti berikut ini:

1. Terasa panas dari malam hingga pagi

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved