Breaking News:

Penuhi Kebutuhan Air Bersih di 14 Desa, Program Pamsimas 2020 di Muratara Segera Dibangun

Sebanyak 14 desa di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dibangun sarana dan prasrana air minum dan sanitasi.

handout
Sebanyak 14 desa di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dibangun sarana dan prasrana air minum dan sanitasi, merupakan program Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun anggaran 2020. 

MURATARA, SRIPOKU.COM -- Sebanyak 14 desa di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dibangun sarana dan prasrana air minum dan sanitasi.

Pembangunan tersebut merupakan program Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun anggaran 2020.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Selatan, Achmad Irwan Kusuma, S.T., M.T mengatakan, ada sebanyak 14 desa yang dibangun Pamsimas tahun ini di Muratara.

Sebanyak 14 desa itu terdiri dari 4 desa reguler baru, 4 desa hibah khusus Pamsimas, dan 6 desa hibah insentif desa.

"Tahun ini masyarakat di 14 desa itu dapat merasakan program Pamsimas dari pemerintah," kata Achmad Irwan Kusuma, belum lama ini.

Sebanyak 14 desa di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dibangun sarana dan prasrana air minum dan sanitasi, merupakan program Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun anggaran 2020.
Sebanyak 14 desa di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dibangun sarana dan prasrana air minum dan sanitasi, merupakan program Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun anggaran 2020. (Kolase/Sripoku.com)

Ia mengatakan, program Pamsimas yang dibangun ini bersumber dari APBD dan APBN.

Program Pamsimas ini bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan di wilayah perdesaan.

"Semoga dengan adanya program ini dapat meningkatkan pola hidup bersih dan sehat di masyarakat," harapnya.

Achmad Irwan Kusuma menjelaskan, Pamsimas merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka menciptakan masyarakat hidup bersih dan sehat.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, pemerintah menyediakan layanan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.

Berbasis masyarakat menurut Achmad, ialah menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama dan penentu dalam seluruh tahapan.

Mulai dari persiapan, perencanaan, pelaksanaan sampai dengan tahap pengoperasian dan pemeliharaan.

"Mudah-mudahan Pamsimas yang dibangun ini bisa dirasakan oleh masyarakat manfaatnya dalam jangka waktu yang lama," katanya.

Editor: adi kurniawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved