Breaking News:

Program Langit Biru Pertamina Menuai Kecaman, Tidak Adil dan Berpotensi Timbulkan Penyelundupan BBM

PT Pertamina dikecam bebagai pihak. Potongan harga BBM di daerah tertentu dinilai tidak adil dan berpotensi timbulnya penyelundupan BBM

dokumentasi Pertamina Sumbagsel
Petugas SPBU menggunakan masker saat melakukan pengisian BBM. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - PT Pertamina menuai banyak kecaman dari berbagai pihak terkait dengan program Langit Biru, yang dinilai berpotensi memunculkan penyelundupan BBM dari daerah yang mendapat potongan harga ke daerah lain.

Program Langit Biru adalah program diskon harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite. Pertamina hanya memberlakukan program tersebut di Denpasar Bali dan Tangerang Selatan.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira yang menyebut, kalau hanya satu daerah yang turun maka rentan terjadi penyelundupan ke daerah lain.
"Nanti pedagang eceran dan masyarakat akan memanfaatkan borong pertalite di Tangerang kemudian dijual lagi dengan harga lebih tinggi ke daerah lain. Ini kan memicu moral hazard di konsumen," kata Bhima, Senin (14/9).

Bima menambahkan, kebijakan penurunan harga BBM hanya di satu wilayah tidaklah adil. Penurunan harga BBM juga seharusnya merata di seluruh daerah. Terlebih, harga BBM non subsidi belum pernah mengalami penurunan sejak harga minyak dunia turun.

"Iya (penurunan harga) harus merata. Toh harga minyak dunia memang sedang rendah," lanjut Bhima.

Menurut Bima, adanya penurunan harga BBM ini bisa memunculkan dampak yang beragam bagi konsumsi masyarakat.
Dia menilai, bila penurunan harga BBM terjadi di daerah dengan tingkat kasus positif rendah, maka hal ini akan mendorong masyarakat untuk lebih banyak bepergian.

BBM Jenis Premium Segera Dihapuskan Pemerintah, Dilakukan Secara Bertahap, Ini Daerah yang Uji Coba!

Ini Alasan Pertamina Rencanakan Bakal Hapus Premiun dan Pertalite

BBM Kendaraan Anda Hampir Habis saat di Kota Muaradua, Ini Empat Lokasi SPBU di OKU Selatan

Namun, bila penurunan harga terjadi di wilayah yang melaksanakan PSBB yang lebih ketat, maka ini tidak akan terlalu mendorong kegiatan masyarakat di luar rumah. Di Jakarta misalnya, adanya pembatasan kegiatan perkantoran juga menyebabkan penurunan pemakaian kendaraan.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Penurunan BBM di Satu Wilayah Dinilai Rentan Timbulkan Penyelundupan

Editor: Azwir Ahmad
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved