Breaking News:

Indahnya Danau Shuji di Desa Lembak Muaraenim Sumsel, 90 Menit dari Palembang, Peninggalan Jepang

Danau alami nan indah itu berada di Desa Lembak, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatra Selatan.

handout
Danau Shuji di Desa Lembak, Muaraenim. 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Siapa sangka danau alami yang gersang dipenuhi pepohonan dan biasa menjadi tempat memancing ini justru berubah menjadi danau yang memiliki daya tarik serta menjadi destinasi wisata.

Danau yang merupakan peninggalan penjajahan Jepang tersebut bernama Danau Shuji.

Danau alami nan indah itu berada di Desa Lembak, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatra Selatan.

Man City Vs Real Madrid - El Real Unggul Berkat Pengalaman dan DNA Pemenang

Konon katanya, menurut cerita warga Desa Lembak, danau ini dinamai Shuji lantaran jenderal ternama negara Sakura bernama Shuji pernah tinggal menetap di tempat tersebut.

Lalu, di tangan sekelompok pemuda Desa Lembak yang dimotori oleh Bob Permana, lokasi yang menjadi pusat memasak tentara jepang itu dirubah menjadi destinasi wisata yang memukau.

Bob Permana selaku pioneer sekaligus tokoh pemuda Lembak mengungkapkan terbentuk destinasi wisata itu keinginan dirinya dan para pemuda Lembak.

Danau Shuji di Desa Lembak, Muaraenim.
Danau Shuji di Desa Lembak, Muaraenim. (tribunsumsel.com/edison)

Kemudian ia bersama 20 pemuda desa pada pertengahan Mei 2020 membersihkan danau dan terus melakukan pembenahan dan telah mempekerjakan lebih dari 60 pemuda desa.

"Danau ini dari dulu sudah bernama Shuji karena merupakan markas dapur umum tentara Jepang, sampai sekarang tetap dikenal Danau Shuji," ujar Bob ketika dibincangi.

Naik Rp 12.000, Harga Emas Antam Hari Sabtu 1 Agustus 2020 Menjadi Rp 1.028.000 per Gram

Sejak dibuka pengunjung yang datang lebih dari 2000 orang per hari khusus weekend Sabtu-Minggu, untuk Senin-Jumat pengunjung lebih dari 200 orang perhari.

"Kami bersyukur animo masyarakat sangat tinggi, kedepan fasilitas akan terus ditambah dan dibagian depan danau nantinya akan dijadikan taman edukasi dengan bekerjasama Pertamina karena di depan merupakan lahan perusahaan," katanya.

Halaman
123
Editor: Refly Permana
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved