Penyakit GERD Gampang Kambuh karena Stres

Penyakit Gerd (Gastroesophageal Reflux Disease) sangat terkait dengan gaya hidup dan mudah kambuh saat penderitanya sedang stres.

gambarcu.blogspot.com, segar-bugar.tumblr.com/
Ilustrasi - Penyakit Gerd (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah penyakit kronis pada sistem pencernaan. Gerd terjadi ketika asam lambung naik kembali ke esofagus atau kerongkongan. Akibatnya, kerongkongan mengalami iritasi. 

SRIPOKU.COM - Penyakit Gerd (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah penyakit kronis pada sistem pencernaan. Penyakit ini sangat terkait dengan gaya hidup dan mudah kambuh saat penderitanya sedang stres.

Gerd terjadi ketika asam lambung naik kembali ke esofagus atau kerongkongan. Akibatnya, kerongkongan mengalami iritasi.

Menurut Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, penyakit Gerd memiliki gejala utama yang membedakannya dengan penyakit maag.

Cegah Gerd dengan 6 Jenis Makanan untuk Penderita Asam Lambung: Sayur Mayur hingga Putih Telur

Ramalan Bintang Cinta Jumat 19 Juni 2020: Scorpio Memahami Masalah dalam Hubungan Percintaan

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

"Kalau penyakit maag, gejalanya antara lain nyeri di ulu hati, cepat kenyang dan merasa ingin muntah. Sedangkan, gejala utama Gerd adalah dada panas seperti terbakar dan mulut terasa pahit."

Demikian penjelasan Ari dalam program "Kenali GERD di Era Covid-19 dan Bagaimana Menyiasatinya" yang ditayangkan live di akun Instagram @guesehat pada Kamis (18/06/2020) sore.

Gerd merupakan penyakit kronis atau menahun dan itu terkait dengan gaya hidup seseorang. Karenanya ia menganjurkan penderita penyakit ini untuk mengubah kebiasaan sehari-hari.

"Stres yang berlebihan, apalagi di situasi Covid-19, pekerjaan kita terganggu, dan kita terus ada di rumah. Stres inilah yang akan meningkatkan asam lambung," ujarnya.

Pola makan yang salah dan beberapa jenis makanan juga berpotensi menyebabkan Gerd.

"Makanan yang mengandung cokelat dan keju akan membuat pengosongan lambung menjadi terlambat. Atau kita makan besar di malam hari, kemudian langsung tidur, itu tidak baik."

Halaman
123
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved