Breaking News:

Cegah Gerd dengan 6 Jenis Makanan untuk Penderita Asam Lambung: Sayur Mayur hingga Putih Telur

Penyakit asam lambung naik atau Gerd terjadi saat otot sphincter pada bagian paling bawah esofagus (kerongkongan) melemah dan malah rileks saat harusn

SRIPOKU.COM/ANTON
Ilustrasi - Bagi penderita Gerd, pencegahan dapat dilakukan dengan pemilihan makanan untuk penderita asam lambung naik serta mengatur porsinya dengan saksama. 

SRIPOKU.COM - Penyakit asam lambung naik atau Gerd terjadi saat otot sphincter pada bagian paling bawah esofagus (kerongkongan) melemah dan malah rileks saat harusnya menutup.

Kondisi ini menyebabkan asam dari lambung kembali naik ke esofagus dan menimbulkan nyeri ulu hati (heartburn) dan sakit tenggorokan.

Bagi penderita Gerd, pencegahan dapat dilakukan dengan pemilihan makanan untuk penderita asam lambung naik serta mengatur porsinya dengan saksama.

Penderita Asam Lambung GERD Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur!

Inilah 3 Zodiak Penuh Kebahagiaan Pekan Ini 27-2 Mei 2020: Scorpio dapat Keberuntungan Keuangan

Gerd dan makanan yang harus dihindari

Kondisi naiknya asam lambung yang cukup parah dan berulang disebut Gastroesophageal Reflux Disease (Gerd).

Bukan hanya heartburn, Gerd bahkan bisa menyebabkan penderitanya muntah, mengalami masalah pernapasan, penyempitan esofagus, dan meningkatkan risiko kanker esofagus.

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Pemilihan tepat mengenai makanan untuk penderita asam lambung naik akan membantu otot sphincter esofagus bekerja dengan lebih baik dan bisa tetap menutup setelah penderitanya makan. Dengan demikian, gejala Gerd bisa semakin berkurang.

Untuk membantu mengurangi munculnya gejala Gerd, pola makan harus berfokus dengan menghindari makanan yang cenderung memicu naiknya asam lambung. Jenis makanan ini meliputi:

  • Makanan yang mengandung asam tinggi.
  • Makanan dengan kandungan lemak tinggi.

Pada taraf tertentu, semua jenis makanan sebenarnya akan meningkatkan produksi asam lambung. Tetapi, makanan berlemak tinggi akan menambah produksi asam jauh lebih banyak.

Halaman
1234
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved