Rentan Infeksi, Inilah 3 Rekomendasi Vaksin Untuk Lansia: Influenza hingga Herpes Zoster

Lansia di atas usia 60 tahun menjadi kelompok rentan terinfeksi berbagai penyakit akibat patogen, termasuk Covid-19 yang saat ini mewabah

Instagram/lambe_turah
Ilustrasi - Para ahli merekomendasikan orang lanjut usia (lansia) untuk melakukan vaksinasi. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan infeksi, mengingat lansia adalah salah satu kelompok yang paling rentan terinfeksi penyakit. 

SRIPOKU.COM - Para ahli merekomendasikan orang lanjut usia (lansia) untuk melakukan vaksinasi. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan infeksi, mengingat lansia adalah salah satu kelompok yang paling rentan terinfeksi penyakit.

Lansia di atas usia 60 tahun menjadi kelompok rentan terinfeksi berbagai penyakit akibat patogen, termasuk Covid-19 yang saat ini mewabah di hampir seluruh negara di dunia.

Kabar Gembira Vaksin Virus Corona Sedang DIkembangkan di Indonesia, Sudah Sampai Mana Prosesnya?

Ramalan Bintang Keuangan Rabu 17 Juni 2020: Keuangan Aries Membutuhkan Manajemen yang Lebih Baik

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Namun berhubung vaksin untuk Covid-19 belum ditemukan, lansia bisa melakukan beberapa jenis vaksinasi secara berkelanjutan. Hal ini dilakukan apabila ada gejala atau keluhan yang serupa dengan Covid-19.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit Siloam Denpasar, Dr dr I Nyoman Astika SpPD-KGer menyebutkan ada tiga jenis vaksin yang bisa diberikan kepada lansia. Yaitu vaksin influenza, pneumococcal, dan herpes zoster.

Ketiga vaksin ini juga dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Satgas Imunisasi Dewasa PBPAPDI. 

1. Vaksin Influenza
Diakui Nyoman, influenza merupakan penyakit yang seringkali dianggap sebagai penyakit ringan. Padahal, influenza adalah penyakit yang mudah menular dan dapat menimbulkan komplikasi.

Pada kelompok berisiko tinggi sepeti anak-anak, lansia, dan individu dengan penyakit kronis, penyakit ini dapat menyebabkan kematian.

"Saat ini, vaksin influenza merupakan salah satu upaya kesehatan untuk mencegah infeksi dan komplikasi virus influenza," kata Nyoman dalam diskusi daring bertajuk Kekebalan Tubuh Lansia dan Vaksin Influenza, Sabtu (13/3/2020).

Vaksin influenza ini termasuk mudah dan terjangkau, dengan pemberian cukup sekali setiap tahunnya dan telah tersedia di berbagai pusat layanan kesehatan.

Halaman
123
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved