Pandemi Covid-19 Bikin Daya Ingat Melemah, Termasuk pada Orang dengan Ingatan Super

Pandemi Covid-19 yang menyebabkan banyak orang harus tinggal di rumah saja selama beberapa waktu berpengaruh pada banyak hal,

ISTIMEWA
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM - Pandemi Covid-19 yang menyebabkan banyak orang harus tinggal di rumah saja selama beberapa waktu berpengaruh pada banyak hal, salah satunya kemampuan mengingat.

Tanyakan pada Marie Pasternak apa yang ia lakukan pada tanggal 30 Juni 2007 dan ia akan langsung mengingatnya dengan rinci: Ia naik sepeda ke Ice House Coffee & Creamery lalu membeli smoothie mangga, mengobrol dengan sepupunya tentang anak laki-laki yang ditaksirnya di gereja.

Hari itu hari Sabtu dan ia memakai kaus berwarna biru dari tim skating serta celana pendek Adidas.

Puncak Pandemi Covid-19 di Sumsel Terjadi Pada Akhir Juni, Ini Penjelasan Dosen Epidemiologi Unsri

Melemah, Berikut Nilai Tukar Rupiah Hari Jumat 12 Juni 2020 di 5 Bank

Jangan lupa juga subscribe, like dan share channel Youtube Sriwijayapost di bawah ini:

Lalu tanyakan apa yang ia lakukan minggu lalu selama karantina dan ia tak bisa mengingat apa-apa.

Ini adalah kondisi yang tidak biasa untuk Pasternak (26) karena ia termasuk dalam kelompok kecil orang-orang dengan ingatan super atau Highly Superior Autobiographical Memory (HSAM).

Orang yang juga memiliki HSAM, Nicole Donohue, seorang guru, dengan lancar akan menceritakan apa yang ia lakukan pada tanggal 6 Maret 2020. Ia mengajar dan juga sedang mempertimbangkan apakah harus menunda liburan musim semi. Pagi harinya ia sarapan croissant yang dibeli dari supermarket.

Lalu, ketika ditanya tentang aktivitasnya pada tanggal 6 April, ia berusaha mengingatnya dan mengatakan itu adalah hari Senin.

“Sejujurnya, aku tidak bisa mengingat hal-hal yang terlalu spesifik pada tanggal itu,” kata Donohue seperti dilansir dari Wall Street Journal.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved