Bacaan Doa Sebelum Belajar dalam Bahasa Arab dan Bahasa Latin Lengkap dengan Artinya

Sebelum memulai belajar, sebaiknya membaca doa terlebih dahulu agar mendapat rahmat & berkah ilmu yang bermnafaat, berikut bacaan doa sebelum belajar

Penulis: Tria Agustina | Editor: Welly Hadinata
SRIPOKU.COM/ ANTON
Ilustrasi Berdoa 

SRIPOKU.COM - Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan oleh setiap orang untuk mendapatkan bentuk perubahan keterampilan, perubahan pengetahuan, perubahan sikap dan nilai positif dari berbagai materi yang telah dipelajari.

Belajar atau menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan dari usia anak-anak, remaja, dewasa, sampai orang tua sekalipun.

Menuntut ilmu merupakan perintah Allah Swt, kepada kita selaku hamba-Nya.

Belajar atau menuntut ilmu sangatlah penting bagi kita, baik ilmu yang bersifat dunia maupun ilmu agama, berikut ini adalah hadist yang menganjurkan kita untuk mencari ilmu.

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya: "Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan." (HR Al-Baihaqi)

Dari hadist diatas dijelaskan bahwa belajar atau mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim baik itu laki-laki maupun perempuan. Namun sebelum belajar atau mencari ilmu kita dianjurkan untuk berdoa, supaya di mudahkan dalam belajar, agar ilmu yang kita pelajari bisa masuk kedalam pikiran, dan bisa bermanfaat bagi  kehidupan kita aupun orang sekitar.

Belajar merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang muslim.

Karena dengan belajar, dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak paham menjadi paham dan dari yang tidak bisa menjadi bisa.

Belajar ini sudah menjadi perintah Allah untuk hamba-Nya, karena Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu.

Sesuai dengan firman Allah dalam Al Quran surah Al Mujaadilah ayat 11 :

یَرۡفَعِ اللّٰہُ الَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡا مِنۡکُمۡ ۙ وَ الَّذِیۡنَ اُوۡتُوا الۡعِلۡمَ دَرَجٰتٍ ؕ وَ اللّٰہُ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ خَبِیۡرٌ

Artinya :

“Niscaya Allah akan mengangkat atau meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti tentang apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mujaadilah ayat 11).

Menuntut ilmu akan menjadi kewajiban bagi semua umat muslim mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua. Jadi belajar tidak ada batas waktunya bagi umat muslim di dunia.

Rasulullah bersabda :

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved