JK Minta Tempat Wudhu, Toilet Lantai dan Karpet Masjid Musala Dibersihkan dengan Cairan Disinfektan

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) M Jusuf Kalla menyampaikan enam poin untuk mencegah virus corona yang ada di masjid dan musolah.

KOMPAS.com/Deti Mega Purnamasari)
Ketua PMI sekaligus Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla saat ditemui di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Rabu (4/3/2020).(KOMPAS.com/Deti Mega Purnamasari) 

JK Minta Tempat Wudhu, Toilet Lantai dan Karpet Masjid Musala Dibersihkan
dengan Cairan Disinfektan

SRIPOKU.COM -- Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) M Jusuf Kalla menyampaikan enam poin untuk mencegah virus corona yang ada di masjid dan musolah.

Ia meminta agar seluruh takmir masjid maupun musala untuk meningkatkan kebersihan di lingkungan masing-masing.

Hal itu guna mengantisipasi penularan virus corona atau Covid-19 setelah masuknya virus yang berasal dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China itu.

"Kepada seluruh jajaran pimpinan wilayah, daerah, cabang dan ranting untuk melakukan langkah sanitasi siaga bersama DKM serta takmir masjid atau musala," kata Kalla melalui keterangan tertulis, Kamis (5/3/2020), seperti dikutip dari Kompas.com.

WHO Ungkap Dunia Kekurangan Peralatan Medis untuk Tangani Corona

 

Terlilit Utang Rp 200 Juta,Pecatan TNI Bunuh Sopir Grab,Korban Ditusuk & Jasadnya Dibuang di Sungai

Selain menjaga kebersihan lantai dengan cara membersihkannya dengan cairan disinfektan, juga menjaga kebersihan karpet dan alas lainnya secara rutin dengan menggunakan vacum cleaner atau alat lain yang dianjurkan.

Di samping itu, tempat wudhu dan toilet juga harus dibersihkan rutin dengan menggunakan cairan disinfektan.

"Para jamaah yang salat agar membawa sajadah atau sapu tangan atau kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing," ujar Kalla.

JK juga meminta agar para jemaah yang sedang batuk, demam dan mengalami gejala sakit serupa flu dan gangguan pernapasan agar melaksanakan salat di rumah untuk sementara waktu hingga sembuh.

Adzan Sang Anak Antar Anggota TNI yang Tewas Diserang Gajah Liar ke Peristirahatan Terakhir

 

Dikira Bohong, Pria Ini Buat KSAD Andika Perkasa Bengong Masuk TNI, Semua Kaget Tahu Keahliannya!

Terakhir, ia berharap agar seluruh pihak ikut mengawasi penyebaran atau penularan Covid-19 dan berupaya melakukan upaya tanggap dengan melaporkan warga yang dicurigai terdampak virus ini.

Presiden Joko Widodo sebelumnya menyatakan dua orang dinyatakan positif virus corona di Indonesia. Kini, keduanya tengah menjalani isolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "JK Minta Masjid dan Musala Dibersihkan dengan Cairan Disinfektan", 

Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved