Pilkada 2020 di Sumsel

10 Hari Ini, KPU Musi Rawas Beri Kesempatan Masyarakat Menilai Calon Anggota PPK, tapi Ada Syaratnya

Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas, Anastatias, mengatakan timeline untuk masa tanggapan ini mulai tanggal 15 - 21 Februari 2020.

10 Hari Ini, KPU Musi Rawas Beri Kesempatan Masyarakat Menilai Calon Anggota PPK, tapi Ada Syaratnya
sripoku.com/ahmadfarozi
Anastatias, Ketua KPU Musirawas. 

Laporan Wartawan Sriwijaya Post Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas masih membuka peluang kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan ataupun masukan terhadap jejak rekam 10 besar calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang sudah melaksanakan tahap wawancara.

Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas, Anastatias, mengatakan timeline untuk masa tanggapan ini mulai tanggal 15 - 21 Februari 2020.

Atau berbarengan dengan pengumuman perangkingan 10 besar anggota PPK, dimana yang terpilih dan akan dilantik nantinya adalah rangking lima besar.

Terkait Rencana e-Rekap di Pilkada 2020, KPU Musirawas Tunggu Surat Resmi KPU Pusat

"Pengumuman anggota PPK yang terpilih itu tanggal 15 - 21 Februari 2020.

Meskipun yang terpilih lima orang, namun tetap diumumkan 10 besarnya, tapi disusun sesuai perangkingan, dimana yang akan dilantik nantinya adalah diurutan lima besar," ujar Anastatias, kepada Sripoku.com, Kamis (13/2/2020).

"Nah dalam masa pengumuman ini, kita masih membuka peluang kepada masyarakat terhadap nama-nama calon anggota PPK yang kita umumkan tersebut, terkait dengan rekam jejaknya," sambungnya.

Dikatakan, kepada masyarakat yang akan memberikan tanggapan terhadap rekam jejak para calon anggota PPK yang sudah mengikuti seleksi wawancara tersebut, harus melampirkan identitas yang jelas.

Karena itu, di bagian bawah form pengumuman nama-nama calon anggota PPK, ada kolom khusus yang memuat identitas penanggap.

KPU Musirawas Siapkan Helpdesk, Pojok Bantuan Konsultasi Bagi Calon Perseorangan

Apabila penanggap tidak mengisi atau menuliskan identitas resminya, maka tanggapan tersebut tidak akan ditanggapi.

Disebutkan, apabila ada tanggapan dari masyarakat terkait rekam jejak calon anggota PPK ini, maka pihaknya akan melakukan kroscek, misalnya ada indikasi terlibat partai politik (parpol) dan indikasi lainnya yang dapat mengugurkan calon anggota PPK yang bersangkutan, sesuai peraturan berlaku.

Jika memang tanggapan masyarakat itu benar kata Anastatias, maka yang bersangkutan akan digugurkan, dan digantikan dengan rangking dibawahnya.

"Kalau tidak ada tanggapan, maka tahapan selanjutnya adalah pelantikan terhadap lima orang anggota PPK yang akan bertugas di 14 kecamatan. Jadwal pelantikannya tanggal 29 Februari 2020," ujarnya.

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved