Warga Tuan Kentan Beralih Gunakan Jargas, Ketua RT : Token 20 Ribu Cukup untuk 2 Minggu

Satu tahun terakhir, warga di Kelurahaan Tuan Kentan, Kecamatan Jakabaring, menikmati Jaringan Gas (jargas).

Penulis: maya citra rosa | Editor: Yandi Triansyah
SRIPOKU.COM / Maya Citra Rosa
Jargas setahun terakhir sudah masuk di kawasan Tuan Kentan kecamatan Jakabaring palembang, Kamis (13/2/20200 

Warga Tuan Kentan Beralih Gunakan Jargas, Ketua RT : Token 20 Ribu Cukup untuk 2 Minggu

Laporan Wartawan Sripoku.com Maya Citra Rosa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Satu tahun terakhir, warga di Kelurahaan Tuan Kentan, Kecamatan Jakabaring, menikmati Jaringan Gas (jargas).

Ketua RT 13 Kelurahan Tuan Kentang, Wardi,mengatakan, kurang lebih satu tahun ini, dia dan warga sekitar telah beralih ke jargas karena lebih hemat dan aman.

"Hampir satu tahun, selama ini tidak repot lagi, biasanya dulu kalau habis gas kita cari ke warung, sekarang tinggal beli token 20 ribu, sudah bisa pemakaian 2 minggu," ujarnya, Kamis (13/2/2020).

Selain itu, penggunaan jargas lebih hemat dan aman tergantung pemakaian rumah sendiri, karena pemasangan hanya dilakukan untuk satu aliran gas.

Namun dia menyayangkan, sebagian warga belum mendapatkan jargas tersebut karena kondisi rumah yang berada dekat dengan rawa yang menyulitkan pemasangan jargas.

Selain itu, beberapa warganya mendapatkan meteran gas yang rusak, atau meteran terpasang namun gas mengalir ke rumahnya.

"Ini rumah tetangga saya, sudah ada meteran tapi belum bisa pakai, juga ada yang rumahnya direnovasi, jadi belum pakai jargas," ujarnya.

Pengembangan Jaringan Gas (Jargas) Kota di Kota Palembang masih akan terus berlanjut.

Apalagi Kementerian ESDM pada tahun ini kembali memberikan bantuan berupa kuota pemasangan Jargas dikisaran 9.000 hingga 10.000 Sambungan Rumah (SR).

Diungkapkan Kepala Bidang Pembangunan Setda Kota Palembang, Zuriyati saat ini pihak konsultan masih bekerja, mensurvei dan Pemkot pun mengusahakan baik ke Kementerian ESDM ataupun BPH migas bahwa penambahan Jargas tersebut sangat dibutuhkan di Palembang.

"Hanya saja, kita tentunya akan dilihat bagaimana kesiapan Kota Palembang sendiri mulai dari minat masyarakatnya dan aspek lainnya. Akan tetapi dari sisi perencanannya Pemkot Palembang sudah amat siap," tegasnya, Senin (10/2/2020)

Pihak Pemkot belum bisa memastikan kelurahan mana saja yang akan dilakukan pemasangan Jargas di 2020 ini.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved