Berita Prabumulih

Dua Tahun Buron Tersangka Pencuri Besi Rel KA di Prabumulih Berhasil Ditangkap Polisi

Dua tahun buron akhirnya pelaku pencurian besi rel kereta api di kota Prabumulih berhasil diringkus tim opsnal unit Reskrim Polsek Prabumulih.

Dua Tahun Buron Tersangka Pencuri Besi Rel KA di Prabumulih Berhasil Ditangkap Polisi
Tribunsumsel.com/Edison Bastari
Dua tersangka pencuri besi rel KA di Prabumulih Sumsel saat diamankan di Mapolsek Prabumulih Barat Kota Prabumulih. 

SRIPOKU.COM, PRABUMULIH - Setelah dua tahun buron akhirnya pelaku pencurian besi rel kereta api di kota Prabumulih berhasil diringkus tim opsnal unit Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polsek Prabumulih Barat, pada Kamis (06/02/2020).

Kedua pelaku diamankan yakni Roni alias Komar (42) dan Leman alias Loreng (42) yang merupakan warga Kelurahan Karang Raja Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih.

Roni dan Leman diringkus petugas kepolisian ketika petugas mendapat informasi terkait keberadaan media pelaku. Selanjutnya guna kepentingan penyelidikan dan proses lebih lanjut dua pelaku berikut barang bukti digelandang ke Mapolsek Prabumulih Barat.

Berdasarkan informasi berhasil dihimpun Tribunsumsel.com, penangkapan terhadap dua pencuri rel kereta api itu bermula dari laporan PT KAI (Kereta Api Indonesia) ke SPK Polsek Prabumulih Barat pada Selasa 11 September 2018 lalu.

Dalam laporan itu, pihak PT KAI mengungkapkan jika terjadi aksi pencurian besi rel kereta api, hal itu diketahui ketika petugas melakukan pemeriksaan jalur kereta api di kawasan Kelurahan Prabumulih Kecamatan Prabumulih Selatan.

Saat itu petugas mendapati jalur rel kereta telah terpotong sepanjang 3 meter, diduga dicuri orang dengan cara memotong menggunakan gergaji besi.

Saat itu petugas yang mendapat laporan langsung melakukan penyelidikan dan mengetahui jika aksi pencurian itu dilakukan oleh Roni dan Leman.

Petugas langsung melakukan pengejaran terhadap keduanya, namun kedua pelaku lebih dahulu kabur.

Setelah dua tahun memburu pelaku, petugas mendapatkan kabar jika keduanya keluar dari persembunyian dan pulang ke rumah.

Tak ingin buruannya kabur lagi, petugas langsung melakukan penggerebekan di kediaman pelaku dan berhasil diringkus keduanya tanpa perlawanan.

Di hadapan petugas kepolisian, kedua pelaku mengakui melakukan pencurian besi rel milik PT KAI.

"Memang kami yang maling pak, kami saat itu lagi tidak ada duit jadi iseng kemudian maling besi itu dan hasilnyo kami belikan makanan dan minuman," katanya.

Kapolres Prabumulih, AKBP I Wayan Sudarmaya SIK MH melalui Kapolsek Prabumulih Barat, AKP Mursal Mahdi didampingi Kanit Reskrim Ipda Darmawan SH ketika dikonfirmasi membenarkan telah berhasil mengungkap kasus pencurian rel kereta api tersebut.

"Saat ini dua pelaku kita amankan ketika kembali ke rumah dari persembunyiannya, keduanya saat diamankan tanpa perlawanan. Atas perbuatannya kedua pelaku akan dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara," tegasnya.(TS/eds)

Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved