Breaking News:

Bersatu Sumsel Maju

Menteri KKP Edhy Prabowo dan Gubernur Sumsel Herman Deru Dorong Pengembangan Riset Ikan Lokal

Menteri Kelautan & Perikanan (KKP) RI, DR H Edhy Prabowo, SE. MM, M.Si menghadiri peringatan Hari Peduli Perikanan Perairan Darat.

Editor: Tarso
Humas Pemprov Sumsel
Menteri KKP Edhy Prabowo dan Gubernur Sumsel Herman Deru saat melepas benih ikan tembakang di danau Jakabaring Palembang. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru mendampingi Menteri Kelautan & Perikanan (KKP) RI, DR H Edhy Prabowo SE, MM, M.Si menghadiri peringatan Hari Peduli Perikanan Perairan Darat dan Peresmian Gedung The Southeast Asian Fisheries Develoment Center (SEAFDEC) dan Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan (BRPPUPP) Palembang Tahun 2020.

Acara dipusatkan di halaman depan gedung (SEAFDEC) dan Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan (BRPPUPP) Jalan Gubernur HA Bastari No. 8 Jakabaring Palembang, Senin (27/1).

Hari Peduli Perikanan Perairan Darat dan Peresmian Gedung SEAFDEC dan Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan (BRPPUPP) Palembang Tahun 2020 kali ini dihadiri dan sejumlah Dirjen dibawah KKP RI.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam sambutannya mengaku salut dengan sosok Menteri KKP dalam kurun waktu tiga bulan menjadi Menteri sudah banyak program yang dijalankan di Sumsel.

"Saya salut dan makin hormat dengan pak menteri yang telah menghujani kami dengan program program. Keberadaan gedung SEAFDEC akan melengkapi paslitias dalam pengembangbiakan ikan di Sumsel," tegas Herman Deru.

Dikatakan, Sumsel banyak jenis ikan lokal yang diharapkan akan dapat dikembangkan sehingga kedepan generasi mendatang akan mengetahui sejumlah jenis ikan lokal di Sumsel. Terlebih varian ikan di Sumsel ini sangat banyak.

"Tadi kita tebar benih ikan tembakang. Mungkin banyak yang tidak tau bagaimana bentuk jenis ikan tambakang ini. Saya harap ada sinegitas dengan dinas pendidikan terkait dengan sosialisasi pada generasi mendatang terkait dengan jenis ikan di Sumsel ini. Para peneliti yang ada di gedung SEAFDEC saya harap jangan hannya dalam laboratorium saja. Tapi tularkan dengan masyarakat di Sumsel," harapnya.

Sementara itu Menteri KKP, DR H. Edhy Prabowo dalam arahannya menegaskan, keberadaan gedung SEAFDEC merupakan salah satu cara untuk menjaga keberlangsungan 200 spesies ikan untuk dikembangkan.

" Di Sumsel ini agak unik ada namanya lebak lebung. Sumsel punya pancingan ikan yang paling besar. Bahkan ada jenis ikan serandang yang hidup di sungai. Airnya dapat diminum. Nah sekarang perlu dicari tahu dimana adanya ikan serandang ini," harap Menteri.

Polres Muba Ungkap Peredaran Narkoba, Efendi Simpan 550 Butir Pil Ekstasi di Rumah Istri Mudanya

Resmikan MCK, Bupati OKU Selatan Popo Ali : Masyarakat Saling Mengingat Tidak BAB Sembarangan

Wagub Sumsel Minta RSMH Jangan Tolak Pasien Warga Miskin

Dia juga meminta keberadaan gedung SEAFDEC ini sebagai pusat mencari tahu terkait dengan perikanan. Kantor ini juga dapat juga dijadikan sebagai pusat informasi terkait dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved