Wajib Dibawa Pulang - Inilah 4 Oleh-oleh Khas Semarang: Bandeng Presto hingga Kue mochi

Semarang punya banyak jajanan khas yang cocok untuk kamu bawa pulang. Apalagi rasa makanan khas Semarang terkenal lezat dan punya kualitas baik untuk

SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Ilustrasi - Lumpiah kulit tahu. 

SRIPOKU.COM - Berburu oleh-oleh saat liburan menjadi agenda penting bagi beberapa wisatawan. Apalagi ketika kamu sedang berlibur ke Semarang, Jawa Tengah.

Semarang punya banyak jajanan khas yang cocok untuk kamu bawa pulang. Apalagi rasa makanan khas Semarang terkenal lezat dan punya kualitas baik untuk bahan makanannya.

48 Hours In Solo, Asyiknya Wisata dan Tempat Beli Oleh-oleh Murah di Kota Solo

Inilah 5 Oleh-oleh Khas Belitung, ada Lada Putih, Terasi atau belacan, Kemplang hingg Kopi bubuk

Berikut 4 rekomendasi oleh-oleh khas Semarang yang dapat dibeli saat mampir ke sana:

1. Bandeng presto
Semarang adalah rajanya bandeng presto dengan berbagai toko yang menjual merek berbeda. Bandeng presto ini umumnya dikirim dari Juwana, sebuah daerah di Pati yang lokasinya tak terlalu jauh dari Semarang.

Bandeng presto merupakan ikan bandeng yang dipresto hingga lunak sampai ketulang-tulangnya.

Hidangan satu ini sangat nikmat jika disajikan dengan sambal bawang atau sambal goreng dengan nasi hangat. Jika ingin membawa pulang makanan ini, banyak toko yang sudah membungkus ikan dengan rapat melalui teknik vacuum.

Saat bandeng presto sudah sampai rumah maka cepat-cepatlah untuk memasukannya kedalam kulkas, agar lebih tahan lama.

Bandeng yang dibawa pulang merupakan bandeng yang selesai dipresto dan belum digoreng. Kamu bisa menemui toko bandeng presto yang nikmat di Semarang.

Antara lain Bandeng Bonafide, Bandeng Juwana-Elrina, Bandeng Djoe, Bandeng Hj. Djum. Harga satu ekor bandeng prestro di bandrol mulai dari puluhan sampai ratusan ribu rupiah, tergantung bobot ikan.

2. Lumpia
Siapa yang tidak tahu makanan satu ini? Lumpia merupakan jajanan legendaris Semarang yang memadukan cita rasa Tionghoa dan Jawa. Tak heran jika kudapan satu ini merupakan oleh-oleh wajib dibawa saat kamu liburan ke Semarang, Jawa Tengah.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved