Cerita Dian Okta Lestari, Lulusan Doktor Ilmu Lingkungan Universitas Sriwijaya dengan IPK 4.0

Dengan Motivasi yang ia pegang , Dian Okta Lestari meraih gelar Doktor di bidang Ilmu Lingkungan Universitas Sriwijaya, dengan IPK 4.0.

SRIPOKU.COM/RESHA
Lulusan Doktor Ilmu Lingkungan Universitas Sriwijaya dengan IPK 4.0, Deni Okta Lestari (paling kiri). 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Resha

SRIPOKU.COM, INDRALAYA -- Keinginan kuat Dian Okta Lestari dalam menempuh pendidikan, patut diacungi jempol. Tak heran, motivasi yang ia pegang membawanya meraih gelar Doktor di bidang Ilmu Lingkungan Universitas Sriwijaya, dengan IPK 4.0.

Bersama 47 wisudawan lain, ia pun meraih gelar Cum Laude. Jebolan Program Magister Menuju Doktor Untuk Sarjana Unggul (PMDSU) ini mengawali dunia akademiknya di tahun 2010, mengambil Fakultas MIPA Jurusan Fisika.

"Setelah lulus, langsung ikut PMDSU. Jadi kuliah S2 langsung ke S3, kurang lebih 4 tahun 4 bulan," ujarnya saat diwawancarai usai Upacara Wisuda ke-145 Universitas Sriwijaya, Rabu (18/12/2019).

Prajurit Kopassus Anak Anggota Polri Gugur Ditembak KKB Papua, Sempat Posting Kata Ini di Instagram!

Hepatitis A Serang Sejumlah Mahasiswa Unri, Dokter UPT Klinik Unsri Curigai Air isi Ulang

Ruang Tamu di Indonesia, Dapur Berada di Malaysia, Begini Kondisi Rumah Berada di Dua Negara!

Sulung dari 3 bersaudara ini berprinsip, jika menimba ilmu itu tak memandang gender. Baik lelaki maupun perempuan, memiliki hak yang setara dalam belajar.

"Sama seperti yang agama kita bilang, tuntutlah ilmu dari buaian hingga liang lahat. Jadi kita harus terus menuntut ilmu," tegasnya.

Namun pada perjalanannya, ia tak menampik banyak rintangan yang harus dihadapi Warga Palembang ini. Buah hati pasangan Margoyuwono dan Sulistiarni ini mengaku, yang paling sulit ialah meyakinkan para penguji dan menemukan korelasi, antara Ilmu Lingkungan dan penelitiannya soal Fenomena Anomali Cuaca.

"Itu yang menimbulkan banyak pertanyaan, dan saya harus menemukan direct serta menjelaskannya pada penguji," terangnya.

Tentu saja pada prosesnya, wanita kelahiran 1992 ini sempat mengalami down dan lelah di penelitian tersebut. Beruntung, mereka bersama tim peneliti dan keluarganya selalu mensupportnya dengan memberi dukungan moril.

"Alhamdulillah, jadi terus semangat sampai sekarang," ungkapnya yang belum berkeluarga ini.

Hampir Puluhan Tahun Misteri, Terkuak Sosok Sephia di Lagu Sheila On 7 Sebenarnya, Dikira Mistis!

BREAKING NEWS: Universitas Sriwijaya Waspada Hepatitis A, 3 Bulan Puluhan Mahasiswa Terjangkit

Saat ini, Dian Okta Lestari tengah mempersiapkan keberangkatan ke Jepang untuk mempresentasikan Disertasi yang ia garap, tentang Fenomena Anomali Cuaca. Namun ke depan, ia mengaku bercita-cita menjadi dosen atau peneliti untuk terus mengembangkan penelitiannya tersebut.

"Ingin ke luar negeri ada, tapi hanya sekedar membuka wawasan ke dunia luar. Tapi kalau cita-cita pribadi, tetap ingin mengabdi kepada negara, entah jadi dosen, peneliti atau pegawai negara," jelasnya.

Sementara itu, sebanyak 700 wisudawan mengikuti Upacara Wisuda ke-145 Universitas Sriwijaya, di Auditorium Unsri, Rabu (18/12/2019). Mereka berasal dari berbagai Fakultas yang ada di Kampus tersebut. (mg5)

Penulis: RM. Resha A.U
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved