Berita Palembang

Massa Projo Sumsel Datangi Mapolda Sumsel, Gelar Aksi Damai Minta Usut Tuntas Dugaan Korupsi!

Massa Projo Sumsel Datangi Mapolda Sumsel, Gelar Aksi Damai Minta Usut Tuntas Dugaan Korupsi!

Massa Projo Sumsel Datangi Mapolda Sumsel, Gelar Aksi Damai Minta Usut Tuntas Dugaan Korupsi!
Tribun Sumsel/Ardiansyah
Massa Projo Sumsel yang menggelar aksi di Mapolda Sumsel, Jumat (15/11/2019). 

Massa Projo Sumsel Datangi Mapolda Sumsel, Gelar Aksi Damai Minta Usut Tuntas Dugaan Korupsi!

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ratusan massa Projo Sumsel mendatangi Mapolda Sumsel dan menggelar aksi damai untuk meminta agar polisi melakukan penyelidikan terhadap dugaan adanya korupsi disalah satu tempat perguruan tinggi di Palembang, Jumat (15/11/2019).

Berdasarkan data yang diperoleh Projo Sumsel, dugaan korupsi sarat terjadi.

Selain itu, adanya pelanggaran yang dilakukan yakni belum adanya akreditasi dari Dikti baik untuk Poltek maupun jurusan.

"Belum terakreditasi BAN-PT, tetapi tetap melaksanakan proses belajar pengajar. Selain itu, sudah ada yang menyelesaikan kuliah tetapi mahasiswanya belum juga di wisuda," ujar koordinator aksi Rahmat Hidayat.

Terlebih, sejak berdirinya tahun 2016 lalu, perguruan tinggi yang ada di Palembang dimaksud terus menerima mahasiswa untuk kuliah di sana. Proses belajar mengajar juga tetap berlangsung, meski izin dari kementerian pendidikan maupun Dikti belum ada.

"Selain menyalahi peraturan pendidikan, juga terindikasi korupsi. Berdasarkan data yang kami miliki dari hasil audit, sejak berdiri sampai sekarang Direkturnya juga menggunakan wewenangnya untuk memperkaya diri sendiri," ungkapnya.

DPD Projo Sumsel dan Aktivis 98 Kumpul Bersama Kirim Doa Buat Almarhum Presiden ke 3 BJ Habibie

Sumsel Waspada bencana Alam, 9 Kecamatan di OKU Selatan Rawan Tanah Longsor dan Banjir Bandang

Cegah Remaja Terlibat Kriminalitas, Polres Ogan Ilir Lakukan Penyuluhan ke Sekolah-sekolah

Tim Macan Polres Lubuklinggau Tembak Tersangka Kasus Jambret di Pasar Mambo, Melawan Saat Ditangkap

Massa yang berjumlah lebih kurang 300 orang, terus meminta pihak kepolisian agar melakukan penyelidikan di Perguruan tinggi dimaksud. Jangan sampai nantinya, mahasiswa yang sudah kuliah disana menjadi korban karena tidak bisa wisuda dan tidak mendapatkan ijazah.

Ketua DPD Projo Sumsel Feriyandi menuturkan, Projo Sumsel yang datang ke Mapolda Sumsel untuk menyampaikan aspirasi dengan damai meminta apa yang disampaikan ke pihak kepolisian bisa segera ditindak lanjuti.

"Kasihan mahasiswanya, kalau sudah kuliah tetapi tidak diwisuda dan tidak mendapatkan ijazah. Padahal, mahasiswanya sudah membayar untuk kuliah di sana," ungkapnya.

Selain itu, menurut Feri bila perguruan tinggi dimaksud Palembang setiap tahunnya terus menerima mahasiswa baru. Padahal, berdasarkan peraturan bila belum keluar izin dari Kemendikbud dan Dikti, penerimaan mahasiswa dan proses belajar mengajar tidak boleh berlangsung.

"Direkturnya ini, menyalahgunakan wewenangnya. Pengadaan misalnya, langsung diambil alihnya dan dikelolanya sendiri. Ini saja sudah salah, belum lagi yang lainnya mengenai pendidikannya," pungkasnya.

Massa yang menyampaikan aspirasi dan diterima perwakilan dari Polda Sumsel, menyerahkan berkas data apa yang menjadi aspirasi yang disampaikan. Usai berkas diterima perwakilan Polda Sumsel, massa membubarkan diri secara tertib.

Editor: Welly Hadinata
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved