Catat, Inilah 5 Tips Data Pribadi Aman Saat Bertransaksi Online

Kemajuan teknologi semakin memudahkan masyarakat dalam beraktivitas. Seiring majunya teknologi turut memberikan pengaruh dalam bertransaksi.

SRIPOKU.COM, YOGYAKARTA - Kemajuan teknologi semakin memudahkan masyarakat dalam beraktivitas. Seiring majunya teknologi turut memberikan pengaruh dalam bertransaksi.

Di sisi lain, perkembangan teknologi juga membuka berbagai peluang risiko yang perlu diwaspadai. Salah satunya masalah pencurian data pribadi.

Jika tak hati-hati, bisa jadi data diri kita digunakan oleh segelintir oknum untuk tujuan yang tak baik.

Mudahkan Warga Asing Untuk Bertransaksi , Bank Sumsel Babel Sediakan Money Changer di Ajang MXGP

Lebih Aman Bertransaksi Dengan Kartu ATM Berchip

Atas dasar itu, gaya hidup serba digital perlu diimbangi dengan kesadaran akan keamanan data pribadi. Khususnya dalam bertransaksi offline maupun online.

Head of Digital Banking Bank BTPN Irwan Tisnabudi mengatakan, keamanan bertransaksi akan semakin maksimal jika sibarengi dengan partisipasi aktif dari masyarakat untuk menjaga kerahasiaan data pribadi dan kehati-hatian dalam mengakses informasi di dunia digital.

“Di Jenius, kami percaya bahwa keamanan dan kenyamanan pengguna merupakan faktor penting. Untuk mendukung hal tersebut, Jenius melakukan update secara berkala pada teknologi maupun layanan,” ujar Irwan di Yogyakarta, Kamis (7/11/2019).

Irwan pun memberikan beberapa tipsnya agar data pribadi aman saat bertransaksi online:

Pertama, pengguna baiknya menggunakan alamat email dan password berbeda di tiap platform digital yang digunakannya.

“Transaksi perbankan keamanan merupakan hal utama, sebaikanya email dan passwordnyanya selalu berbeda-beda,” kata Irwan.

Langkah kedua, lanjut Irwan, pengguna wajib mengganti kata sandinya secara berkala. Sebab, dengan begitu oknum yang tak bertanggung jawab itu tak akan mudah mengakses data pribadi kita.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved