RUBRIK OPINI : SEHAT ITU SEDERHANA

Kesehatan adalah salah satu aset yang paling penting dari seseorang. Status kesehatan yang baik dan stabil dapat mempermudah aktivitas sehari-hari

RUBRIK OPINI  : SEHAT ITU SEDERHANA
Kolase Sripoku.com
TITI NURHALIZA, Mahasiswa JURUSAN ILMU KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS SRIWIJAYA 

SEHAT ITU SEDERHANA

SRIPOKU.COM - Kesehatan adalah salah satu aset yang paling penting dari seseorang. Status kesehatan yang baik dan stabil dapat mempermudah aktivitas sehari-hari.

Menurut WHO, sehat adalah suatu keadaan sejahtera yang meliputi fisik, mental dan sosial yang tidak hanya bebas dari penyakit atau kecacatan.  

Sehat berasal dari kebiasaan yang baik. Kebiasaan ini dapat dimulai dari hal-hal kecil seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas.

Kebiasaan harus diterapkan sedini mungkin, sehingga kita terbiasa menjaga kesehatan dari hal-hal kecil.

Mencuci tangan terdengar sederhana dan mudah, namun, dibalik kesederhanaan itu, terdapat manfaat yang begitu besar bagi tubuh.

Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak paham pentingnya mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas. Mencuci tangan dapat mengurangi resiko tubuh terkena penyakit. World Health Organization (WHO) menyarankan untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang bersih.

Penggunaan sabun dan air bersih ini bertujuan untuk membersihkan tangan dari bakteri dan kuman secara maksimal.

Bakteri dan kuman dapat menempel melalui kontak fisik dengan gagang pintu, orang lain, handphone, alat makan, mouse, dan keyboard. Selain itu, patogen ini dapat menempel ketika tangan bersentuhan langsung dengan kotoran.

Artinya, kedua patogen ini dapat diemukan dimana-mana. Ukuran bakteri dan kuman yang sangat kecil bahkan tak terlihat oleh mata seringkali diabaikan oleh kita. Untuk itu, mencuci tangan dengan baik dan benar sangat dianjurkan agar patogen ini tidak masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan penyakit.

Halaman
12
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved