Kebakaran di Panca Usaha, Sumber Api dari Rumah Pensiunan TNI

Kebakaran di Panca Usaha diduga bersumber dari tungku kayu warga. Pemilik rumah memastikan sudah mematikan.

Kebakaran di Panca Usaha, Sumber Api dari Rumah Pensiunan TNI
ist
Kebakaran yang terjadi di Jl Panca Usaha. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Penyebab kebakaran di Jl Panca Usaha Kelurahan 5 Ulu SU I Palembang Senin (7/10/2019) diduga bersumber dari tungku kayu bakar seorang warga.

Karena rumah kosong, api terus membesar.

Ketika ditemui dilokasi, Ketua RT 60, Drs Jazuli Husin SH menuturkan, pada saat kejadian rumah dalam keadaan kosong, pasalnya pemilik rumah M Sudarta (66) keluar rumah dan baru pulang usai mendapatkan bakar kalau rumahnya hangus terbakar.

"Asal api saya melihat dari arah dapur rumah yang berada di belakang, melihat api rumah saya yang bersampingan dengan rumah korban. Saya langsung melakukan tindakan dengan menelpon pemadam kebakaran serta memadamkan dengan cara gotong royong bersama warga setempat," ungkapnya.

Lanjutnya, kalau ada warga yang menduga korban meninggalkan rumah dalam kondisi meninggalkan masakan yang menggunakan tungku kayu bakar masih menyala yang mengakibatkan satu rumah terbakar tanpa sisa.

"Alhamdulillah dengan kesigapan warga dan pemadam kebakaran api tidak menyebar ke rumah warga lainnya. Untuk kerugian sendiri kita belum mengetahui pasti kerugian yang dialami korban akibat kebakaran ini,"katanya.

Sedangkan, pemilik rumah, M Sudarta mengatakan, pada saat kejadian dirinya sedang mengganti batu jam tangannya yang tidak jauh dari rumahnya.

"Waktu kejadian saya sedang mengganti batu jam tangan saya yang mati kurang lebih sekitar satu jaman," bebernya.

Saat ditanyai mengenai mengenai tungku kayu bakar tinggal menyala, Sudarta mengklaim bahwa sebelum pergi sudah dimatikan.

"Waktu saya pergi tungku tersebut sudah saya matikan, tapi api berasal dari dapur rumah saya yang belum diketahui penyebabnya,"katanya.

Di tempat yang sama, Wakapolsek SU I Palembang, Ipda Ahmad Sadikin membenarkan kalau api berasal dari dapur rumah milik Sudarta yang merupakan pensiunan tentara.

"Dugaan sementara dari informasi yang kita dapatkan di lapangan, bahwa asal api dari tungku kayu api yang ditinggalkan dalam kondisi masih menyala," bebernya.

Untuk memastikan penyebab kebakaran ini, Sadikin menambahkan akan bekerjasama dengan tim identifikasi Polresta Palembang.

"Untuk korban jiwa tidak ada, namun kerugian material dipastikan mencapai ratusan juta lantaran adanya beberapa berkas berharga milik korban beserta 9 orang lainnya yang tinggal di dalam rumah," katanya.

Dari pantauan Sriwijaya Post di lapangan api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 13.00 dimana warga dan tujuh unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan berhasil menjinakkan api tersebut hingga tidak menyambar ke rumah warga lainnya.

Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved