7 Tips Menghemat Uang Gaji agar Tak Menguap di Pekan-pekan Awal Setelah Gajian

Gaji yang tidak bersisa sebelum akhir bulan biasanya bukan karena jumlah gaji yang tidak cukup, melainkan manajemen uang yang kurang baik.

7 Tips Menghemat Uang Gaji agar Tak Menguap di Pekan-pekan Awal Setelah Gajian
SRIPOKU.COM/ANTON
Ilustrasi - Gaji yang tidak bersisa sebelum akhir bulan biasanya bukan karena jumlah gaji yang tidak cukup, melainkan manajemen uang yang kurang baik. 

SRIPOKU.COM - Gaji yang tidak bersisa sebelum akhir bulan biasanya bukan karena jumlah gaji yang tidak cukup, melainkan manajemen uang yang kurang baik.

Setelah gaji naik, banyak orang berkeinginan memanjakan dirinya mulai dari membeli barang incaran, makan di restoran, hingga berlibur. Boleh saja menikmati hasil kerja keras kita, tapi jangan sampai di tengah bulan gaji sudah habis.

Para analis finansial berargumen bahwa yang dibutuhkan adalah strategi menyimpan uang yang kita dapatkan setiap bulannya.

Susah Mengatur Keuangan? Inilah Rumus Sederhana Mengelola Uang Gaji

Sering Diabaikan, Inilah 6 Cara Hemat Uang GajianTanpa Ribet, Bisa Bertahan Hidup Satu Bulan

Pakar finansial, Ayo Bello mengatakan, banyak orang menginginkan pekerjaan dengan bayaran lebih layak agar bisa menabung dari gaji mereka. Padahal, yang perlu kita lakukan adalah mengubah persepsi.

Itu semua bergantung dengan bagaimana kita mampu mengelola pendapatan kita setiap bulannya dan seberapa disiplin kita mengatur bujet bulanan.

Nah, ada beberapa tips berhemat yang bisa kamu ikuti agar gaji tak menguap di pekan-pekan awal setelah gajian:

1. Menulis target
Setelah gaji masuk ke rekening, lebih baik menyusun target menabung untuk bulan itu. Dengan kata lain, niat apa yang kamu lakukan terhadap gajimu sama pentingnya dengan gaji itu sendiri.

2. Catat pengeluaran
Apapun yang terjadi, penting untuk mencatat setiap pengeluaran. Salah satu cara mudahnya adalah dengan sistem rating. Misalnya, jika kamu berencana menabung 40 persen dari total gaji bulananmu, beranilah untuk mengatakan dirimu gagal jika tidak berhasil menyisihkan uang sesuai dengan rencanamu.

3. Susun bujet dan terus pantau
Jika kamu berencana menyimpan sekian persen dari gajimu, maka kamu perlu menyusun bujet. Ingatlah bahwa bujet harus termasuk pengeluaran rutin bulanan, bahkan uang yang kamu habiskan untuk langganan tv kabel atau uang yang disisihkan untuk beramal.

Kamu tidak bisa hanya mengingatnya melainkan perlu mencatatnya dalam sebuah dokumen yang bisa setiap saat kamu lihat kembali ketika dibutuhkan.

Halaman
123
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved