Susah Mengatur Keuangan? Inilah Rumus Sederhana Mengelola Uang Gaji

Kebanyakan Anda berpikir, berapa gaji yang harus Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, bersenang-senang, menabung, dan kebutuhan lainnya?

Susah Mengatur Keuangan? Inilah Rumus Sederhana Mengelola Uang Gaji
Kompas.com
Ilustrasi - Seseorang bisa menggunakan formula 50-30-20 untuk membantu mereka mengetahui berapa banyak yang harus disimpan dan digunakan secara bijak. 

SRIPOKU.COM - Kebanyakan Anda berpikir, berapa gaji yang harus Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, bersenang-senang, menabung, dan kebutuhan lainnya?

Untuk mempermudah penyisihan uang untuk segala kebutuhan, lakukanlah formula simpel 50-30-20.

"Seseorang bisa menggunakan formula 50-30-20 untuk membantu mereka mengetahui berapa banyak yang harus disimpan dan digunakan secara bijak," kata Founder & CEO Ellevest serta mantan eksekutif Wall Street di Morgan Stanley dan Citibank, Sallie Krawcheck dikutip CNBC, Selasa (23/7/2019).

Sering Diabaikan, Inilah 6 Cara Hemat Uang GajianTanpa Ribet, Bisa Bertahan Hidup Satu Bulan

Pantas Banyak Orang Kaya Berasal Dari Cina, Ini Rahasianya Dalam Mengatur Keuangan

Beginicara kerjanya:
1. 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari

50 persen dari penghasilan Anda bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti makanan, membayar listrik, membeli baju, dan ongkos bekerja.

"Setengah dari gaji Anda mesti digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk membayar sewa atau cicilan, membayar ongkos atau bensin mobil yang perlu Anda kendarai untuk bekerja, dan membeli baju-baju baru untuk mengisi lemari pakaian Anda," kata mantan eksekutif Wall Street di Morgan Stanley dan Citibank ini.

Kategori ini juga mencakup hal-hal seperti makanan, asuransi, dan pengasuhan anak.

2. 30 persen untuk lifestyle
Nah, 30 persen dari uang gaji atau penghasilan bisa Anda gunakan untuk bersenang-senang, seperti belanja, makan di luar, atau sekedar nongkrong bersama teman.

"Kita itu perlu bersenang-senang. Kita hanya tinggal singkat di Bumi," pungkas Krawcheck.

Tetapi perlu diingat, Anda harus pikirkan matang-matang untuk memilah apa yang penting bagi Anda sebelum menghabiskan uang ini. Pasalnya menurut sebuah penelitian, cara Anda membelanjakan seringkali lebih penting ketimbang keseluruhan pendapatan atau jumlah total yang Anda belanjakan.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved