News Video Sripo

Video: Pangdam II Sriwijaya Tinjau Langsung Kebakaran di Kebun Raya Sriwijaya Ogan Ilir

Pangdam II Sriwijaya Tinjau Langsung Kebakaran di Kebun Raya Sriwijaya Ogan Ilir

Laporan Wartawan Sripoku.com, Resha

SRIPOKU.COM, INDRALAYA -- Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, mendatangi langsung lokasi kebakaran lahan yang terjadi di Kebun Raya Sriwijaya, Desa Bakung Kabupaten Ogan Ilir Kamis (12/9/2019). Ia datang untuk meninjau langsung lokasi kebakaran tersebut, menggunakan helikopter.

Dalam tinjauan itu, ia didampingi oleh Kepala BPBD Provinsi Sumsel Iriansyah, Dandim 0402/OI-OKI Letkol Inf. Riyandi, Kapolres Ogan Ilir AKBP Gazali Ahmad, Kapolres OKI, AKBP Donny dan kepala instansi terkait.

Mayjen TNI Irwan mengatakan, pihaknya berupaya memadamkan api bekerjasama dengan unsur Satgas Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunlah) yang ada di sana. Selain itu, ada pula 2 heli yang membantu melakukan oemadaman dadi udara, dengan sistem water bombing (WB).

"Karena heli kita yang standby ada 7, yang bisa operasionalkan 2, karena yang lain ada pemeliharaan dan program lain. Sehingga yang bisa operasi ada 2," ujarnya di sela tinjauan.

Ia mengatakan, diduga pemicu kebakaran tersebut adalah lompatan api hasil dari kebakaran lahan sebelumnya, di luar kompleks Kebun Raya Sriwijaya. Pihaknya selain melakukan pemadaman, juga melakukan pendinginan di lahan yang telah dibasahi, agar benar-benar tidak ada lagi api di bawah lahan gambut.

"Pasukan darat dari TNI, Polri BPBD, Manggala Agni, kawan-kawan dinas dan Kebun Raya sendiri sudah mengerahkan personelnya untuk mendinginkan lokasi-lokasi yang perlu didinginkan. Kalau tidak, nanti akan berasap seperti ini. Karena ini udah padam, tapi di bawah masih ada (api dan asap). Itulah lahan gambut," ungkapnya.

Ia memprediksi, api akan padam dalam waktu 2 - 3 hari ke depan. Hal teesebut dapat terealisasi jika ada bantuan dari Heli, yang ikut memadamkan api dari udara.

Tindaklanjut Laporan Rawan Kriminal, Tim Gabungan Satreskrim Polresta Palembang Amankan Musi II

Satlantas Polresta Palembang Keluarkan Surat Tilang 3.786 Lembar, Meningkat 65 Persen

BKPSDM OKU Selatan Ajukan 112 Kuota Penerimaan CPNS Sesuai Kebutuhan Pegawai

"Ini kita prediksi, usahakan 2 hari padam. Kalau ada helikopter 2-3 buah, bisa padam dalam 2-3 hari ke depan," tegasnya.

Sementara itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahan dengan tujuan apapun. Sebab selain faktor alam, faktor manusia juga menjadi penyebab terjadinya Karhutbunlah tadi.

"Kita berharap dalam beberapa hari ini padam, dan tidak timbul lokasi-lokasi baru. Harapan kita begitu kepasa masyarakat, untuk berpartisipasi mencegah kebakaran hutan," jelasnya. (mg5)

Penulis: RM. Resha A.U
Editor: Ahmad Helmi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved