Berita Palembantg

BMKG: Hari Ini Kualitas Udara di Kota Palembang tak Sehat!

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melaporkan bahwa kualitas udara di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan tak lagi sehat.

BMKG: Hari Ini Kualitas Udara di Kota Palembang tak Sehat!
SRIPOKU.COM/SYAHRUL HIDAYAT
Kabut Asap di Pagi Hari. BMKG: Hari Ini Kualitas Udara di Kota Palembang tak Sehat! 

BMKG: Hari Ini Kualitas Udara di Kota Palembang tak Sehat!

Laporan wartawan Sripoku.com, Haris Widodo

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melaporkan bahwa kualitas udara di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan tak lagi sehat.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Bambang Benny Setiajidi mengatakan kualitas udara yang terjadi di kota Palembang tidak sehat.

Asap yang beredar mengandung partikel-partikel kering menyebabkan jarak pandang berkisar antara 1.000-8.000 meter dengan jarak pandang terendah terjadi pada pukul 06.00 WIB.

"Selain mengganggu jarak pandang, asap juga akan terasa bau, perih di mata, sesak pada pernafasan," ujar Benny kepada Sripoku.com, Selasa (10/9/2019).

Hal tersebut terjadi dikarenakan angin dari arah tenggara berikut titik-titik panas dengan tingkat kepercayaan >80% yang berkontribusi asap di Kota Palembang dan sekitarnya yakni Air Sugihan, Pampangan, Banyuasin I, Tulung Selapan, Pedamaran, Cengal dan Pematang Panggang.

Kondisi ini menyebabkan data PM 10 pagi ini tanggal 10 September 2019 dalam kategori 'Tidak Sehat' dengan rentang 180-187 µgram/m3.

Indeks kualitas udara di Palembang tidak sehat, Selasa (10/9/2019)
Indeks kualitas udara di Palembang tidak sehat, Selasa (10/9/2019) (SRIPOKU.COM/HARIS WIDODO, CAPTURE)

Hari Ini Udara Palembang dan Sekitarnya Kategori Tidak Sehat, Cuaca Didominasi Kabut Asap Karhutla

Prakiraan Cuaca BMKG di Kota Palembang Hari Ini, Selasa 10 September 2019, Udara Kabur

DLHK Provinsi Sumatera Selatan Klaim Kualitas Udara Di Palembang Sedang

Diprakirakan kondisi asap ini akan terus berlangsung di wilayah Kota Palembang dan sekitarnya hingga hilang/padamnya titik-titik panas tersebut.

Sedangkan berdasarkan model prakiraan cuaca BMKG dengan rentang prakiraan tanggal 9 September hingga 16 September 2019 belum ada potensi hujan di wilayah Sumsel.

Ia mengatakan BMKG berulang kali mengimbau agar masyarakat tidak melakukan pembakaran dan tetap membuang sampah pada tempatnya.

Tidak membakar sisa-sisa dari pembabatan seiring akan masuknya musim tanam dan tetap membantu pemerintah dan stakeholder terkait (BPBD, TNI, Polri dsb.) dalam menanggulangi Karhutla.

Penulis: Haris Widodo
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved