Berita OKU

Bupati OKU Pasang Tapping Box di Hotel Bukit Indah Lestari dan RM Aneka Rasa

Bupati OKU Drs H Kuryana Aziz memasang Tapping Box atau Alat Monitoring Transaksi Online secara simbolis di Hotel BIL Bukit Indah Lestari.

Bupati OKU Pasang Tapping Box di Hotel Bukit Indah Lestari dan RM Aneka Rasa
SRIPOKU.COM/LENI JUWITA
Bupati OKU Drs H Kuryana Azis didfampingi Pemimpin Cabang Bank Sumsel Babel Baturaja Dhanis Faisal memasang Tapping Box (Alat Monitoring Transaksi Secara Onine) di Rumah Makan Aneka Rasa Baturaja. 

Laporan wartawan sripoku.com, Leni Juwita

SRIPOKU.COM, BATURAJA - Bupati OKU Drs H Kuryana Aziz melakukan pemasangan Tapping Box (Alat Monitoring Transaksi Onine) secara simbolis di Hotel BIL Bukit Indah Lestari dan RM Aneka Rasa, Selasa (27/8/2019).

Pemasagan Tapping Box ini dihadiri oleh Pemimpin Cabang Bank Sumsel Babel Dhanis Faisal, Kepala Bapenda OKU Drs H Ocktorianis MM, dan kepala OPD jajaran Pemkab OKU, Kabag Humas dan Protokol Peri Iswan AP MPA.

Bupati OKU didampingi Kepala Bappenda OKU menjelaskan, tahap awal ini akan memasang tapping box sebanyak 60 unit.

Meliputi restoran, hotel, tempat hiburan dan parkir, namun yang sudah siap dipasang  sebanyak  45 unit Tapping Box.

Sementara itu  Pemimpin Cabang Bank Sumsel Babel Baturaja Danis Faisal menjelaskan, selaku bank  mitra pemerintah pihaknya memfasilitasi pemasangan Alat Perekam Data Transaksi  (Transaction Monitoring Device) atau yang sering disebut tapping box dan  pemasangan stiker  bertuliskan Program ini dibawah pengawasan dan pendampingan KPK.

Disebutkan Bupati OKU, Tapping Box adalah  sebuah alat monitoring transaksi usaha secara online yang dipasang di mesin kasir untuk menghitung setiap transaksi yang terjadi di tempat usaha. 

Tapping  Box ini mampu melakukan pemantauan dan mengirimkan data transaksi yang terjadi di wajib pajak, baik yang dilakukan melalui komputer ataupun mesin cash register, ke server aplikasi di Pemerintah Daerah.

Setelah Menggelar Sholat Istisqo di Mapolres OKI, Hujan Turun di Beberapa Wilayah di Kabupaten OKI

Tongkang Batu Bara Kandas di Sungai Wilayah Banyuasin Ganggu Alur Pelayaran Nelayan Pencari Ikan

Satu Calon Kades Dicoret, Puluhan Massa Desak DPRD PALI untuk Menunda Pilkades Sungai Baung

Tapping Box juga  mampu menangkap data transaksi yang cukup besar dan mengirimkannya ke server Badan Pendapatan Daerah serta mampu menyesuaikan keadaan di hotel/restoran/hiburan/parkir, dimana aplikasi hotel/restoran/hiburan/parkir kadang menggunakan numeric/text driver printer dan juga terkadang menggunakan Advanced printer driver dari produsen printer.

Apabila terjadi gangguan dalam proses pengiriman data, maka alat pemantau data akan menyimpan data transaksi pada local storage dan mentransmit ulang ketika sinyal sudah pulih. Dalam kondisi alat pemantau data tidak berfungsi karena mati atau rusak, kinerja mesin kasir harus tidak terganggu.

Pengoperasian alat pemantau data tidak memerlukan pekerjaan tambahan bagi operator mesin kasir wajib pajak

Keuntungan bagi wajib pajak, aplikasi pelaporan pajak hotel dan pajak restoran secara online, wajib pajak tidak perlu lagi datang dan bertemu dengan petugas pajak di Dispenda untuk memperoleh surat pemberitahuan pajak daerah (SPTD) tetapi cukup menggunakan perangkat komputer. 

 Sistem manual yang selama ini dijalankan, kita ubah ke sistem online yang lebih memudahkan wajib pajak.Sistem ini akan terintegrasi dengan tapping box yang akan dipasang pada alat pembayaran di setiap hotel dan restoran.

Fungsi dari tapping box ini adalah untuk merekam setiap transaksi pembayaran yang terjadi melalui kasir, di mana selanjutnya data tersebut secara otomatis akan terhubung dengan sistem aplikasi online Bapenda. Data itulah yang akan dijadikan dasar bagi Dispenda untuk menerbitkan SPTPD.

Aplikasi ini diharapkan dapat mengoptimalkan penerimaan pajak daerah dan memotivasi wajib pajak agar taat membayar pajak. (eni)

Penulis: Leni Juwita
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved