Ekspedisi Sriwijaya

Lepas Tim Ekspedisi Sriwijaya, Gubernur Sumsel Herman Deru Sebut The Power Of Culture

Tim ekspedisi yang beranggotakan delapan orang wartawan Sripo ini langsung dilepas oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru di Griya Agung.

Lepas Tim Ekspedisi Sriwijaya, Gubernur Sumsel Herman Deru Sebut The Power Of Culture
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru melepas tim Ekspedisi Sriwijaya di Griya Agung Palembang, Senin (26/8/2019). 

Laporan wartawan sripoku.com, Odi Aria Saputra

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --Tim Ekspedisi Sriwijaya (Sriwijaya Post-Tribun Sumsel) memulai perjalanan untuk menyusuri jejak nenek moyang wong Sumsel, Senin (26/8/2019).

Pelepasan tim ekspedisi Sriwijaya yang beranggotakan delapan orang wartawan ini langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Griya Agung Palembang.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, sangat bangga dengan program yang digarap oleh Sripo-Tribun Sumsel. Kegiatan ini diakuinya sangat bermanfaat untuk meluruskan sejarah siapakah orang pertama kali di Bumi Sriwijaya berasal daerah mana.

"Selama ini masih simpang siur siapakah orang pertama di Sumsel. Apakah suku Besemah, Pagaralam atau Ogan. Nah inilah tugas tim Ekspedisi Sriwijaya untuk meluruskan," ujarnya.

Gubernur Sumsel Herman Deru sangat mengapresiasi kegiatan tim ekspedisi yang akan menelusuri jejak peradaban di Sumsel, khususnya di kabupaten Lahat, Pagaralam dan Ogan Komering Ulu (OKU).

Menurutnya, Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (Unesco) Perserikatan Bangsa-Bangsa bahkan mengakui bahwa kekuatan suatu bangsa dilihat dari kekuatan budayanya.

"The Power Of Culture itulah yang ditegaskan Unesco. Saya sangat bangga dengan tim ini. Saya baru mau berangan-angan menelusuri jejak peradaban di Sumsel. Namun Tim Ekspedisi Sriwijaya sudah memulainya," ungkap Mantan Bupati OKU Timur dua periode tersebut.

Warga Tulung Selapan Tewas Ditabrak Bus Damri di Terminal Pasar Induk Jakabaring Palembang

Tim Ekspedisi Sriwijaya Disambut Manager Komunikasi dan CSR Pertamina Area Sumbagsel di SPBU Golf

Penjaga Kebun di Desa Bitis Gelumbang Meninggal di dalam Pondok, Mayatnya Dipenuhi Belatung

Setibanya tim Ekspedisi Sriwijaya ke Palembang nantinya, Herman Deru meminta kepada tim Ekspedisi Sriwijaya agar menyampaikan keakuratan berita yang telah digarap selam satu minggu lamanya.

"Sejarah peradaban inilah yang harus kita sampaikan kepada masyarakat," kata Gubernur Sumsel Herman Deru.

Kepala Newsroom Tribun Sumsel-Sriwijaya Post, Weny Ramdiastuti mengatakan, kegiatan ekspedisi ini telah berlangsung sejak tahun 2006 lalu. Namun pada saat itu garapan tim ekspedisi masih bersifat berita konvensional koran saja.

Akan tetapi, pada keberangkatan tim kali ini liputan Ekspedisi Sriwijaya akan disajikan dengan lebih millenial melalui berbagai platform dimiliki Sripo-Tribun Sumsel yakni Youtube, Online, Sosmed dan koran cetak.

"Kalau dulu hanya koran saja. Nah, ekspedisi kali ini kami akan kemas dengan lebih milenial melalui berbagai platform kami miliki," jelas Weny.

Rencananya, Tim Ekspedisi Sripo-Tribun akan menelusuri jejak nenek moyang wong Sumsel selama satu minggu.

Dimulai dari Lahat, perjalanan tim akan dilanjutkan ke situs megalit Pagaralam serta ke goa putri dan harimau di Baturaja. (Oca)

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved