Breaking News:

Berita Ogan Ilir

Asap Tebal Tampak di Dekat Jalan Tol Palindra, Karhutlah 'Sentuh' 3 Wilayah Sekaligus

pantauan di lapangan, gumpalan asap hitam sudah membumbung tinggi Minggu siang. Asap hitam pekat itu malah sempat menutup jalan Lintas Palembang Indra

SRIPOKU.COM/RESHA
Seorang petugas tengah berupaya memadamkan api dengan menepuk menggunakan dahan, yang nyaris melalap perkebunan warga, di Desa Tanjung Seteko, Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, Minggu (25/8/2019). 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Resha

SRIPOKU.COM, INDRALAYA -- Di antara musibah kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) yang terjadi di Desa Tanjung Seteko, Kecamata Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir Minggu (25/8/2019) keberuntungan masih menghinggapi Agah (43). Sebab, kebakaran tersebut tak menghabisi kebun jagungnya yang berada di wilayah desa tersebut.

Saat diwawancarai, ia mengatakan bahwa api sudah mulai nampak sejak Minggu siang. Api awalnya terlihat dari sebelah jalan tol.

"Tapi lama kelamaan makin ke sini, dan jadinya seperti ini," ujarnya saat diwawancarai.

Tak ayal, kebun jagungnya seluas 4 hektar pun menjadi terancam. Beruntung, berkat kesigapan petugas, api hanya 'menjilat' pinggir kebunnya saja.

"Ada yang panen, ada yang belum. Nah yang keba api ini hanya sebaris dua baris, beruntung api ga sampai membakar habis," ucapnya.

Keberuntungan juga menghampiri saudaranya, Sudirman (40). Kebun sayur-sayuran milik Sudirman, yang tak jauh dari kebun kakaknya, juga terkena musibah api. Lagi-lagi, hanya pinggir kebun saja yang dilalap oleh api.

"Untung sudah panen pak. Kalau belum, ga tau lagi mau bagaimana," ujar Sudirman.

Sementara itu, pantauan di lapangan, gumpalan asap hitam sudah membumbung tinggi Minggu siang. Asap hitam pekat itu malah sempat menutup jalan Lintas Palembang Indralaya, tepat di Tugu Kota Indralaya.

Komandan Koramil 402-07/Indralaya Kapten Tamzil mengatakan, api melalap 3 wilayah yang ada di sekitar lingkungan tersebut. Mulai dari Desa Palemraya, Tanjung Seteko hingga Kelurahan Timbangan Kabupaten Ogan Ilir.

Langsung Tanggap, Dua Tiang Listrik Retak Di Wilayah OKU Selatan Telah Diganti Pihak PLN Muaradua

Terungkap Ini Identitas Wanitanya! Video Mesum Mantan Pegawai Bank di Palembang yang Menyebar di WA

Youtuber Cewek Cantik asal Korea Ini, Kontennya Perkenalkan Pempek dan Tekwan Palembang

"Kita masih melakukan pemadaman, tapi diperkirakan 12 hektar," ujarnya saat di lokasi.

Ia mengatakan, Satgas Gabungan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, BPBD Provinsi Sumsel dan BPBD Kabupaten Ogan Ilir, Manggala AgniI hingga Masyarakat Peduli Api (MPA) langsung turun ke lokasi. Mereka langsung berjibaku memadamka api, agar tidak merambat ke rumah penduduk.

"Cukup besar, tapi kita dibantu Water Bombing, Heli, satu unit mobil tangki dari provinsi dan BPBD Ogan Ilir 1 unit. Dan kita dari Satgas Gabungan tidak menyerah," tegasnya.

Selain melakukan pemadaman, pihaknya juga tengah melakukan penyelidikan terhadap faktor penyebab terbakarnya lahan di 3 wilayah tersebut. Apakah memang faktor kesengajaan, kelalaian atau memang karena faktor alam.

"Kita belum bisa mengatakan apa penyebab kebakaran ini, karena itu wewenang dari rekan kita Polres Ogan Ilir untuk melakukan penyelidikan," jelasnya. (mg5)

Penulis: RM. Resha A.U
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved