Breaking News:

Berita Palembang

Sekretaris Disdukcapil Kota Palembang Menegaskan Setiap Pelayanan Gratis Tanpa Biaya Sepeserpun

Disdukcapil Kota Palembang mengklaim, dalam setiap pelayanan publik terkait urusan administrasi kependudukan tidak dipungut biaya sepeserpun.

Penulis: Rahmaliyah | Editor: Tarso
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Ketua Satgas Saber Pungli UPP Prov Sumsel yang juga Irwasda Polda Sumsel, Kombes Pol Drs Dody Marsidy MHum CFrA saat meninjau layanan di kantor Disdukcapil Palembang 

Laporan wartawan sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil Kota Palembang mengklaim, dalam setiap pelayanan publik terkait urusan administrasi kependudukan tidak dipungut biaya sepeserpun.

Bahkan, pihak Disdukcapil Kota Palembang melarang keras pegawai menerima uang dari masyarakat berapapun besarannya.

"Mau Rp 5 ribu atau lebih pokoknya tidak boleh. Bukan nilainya yang dilihat tapi perbuatannya, Begitu juga saya imbau masyarakat jangan pernah untuk memberikan duit pada mereka yang mengatasnamakan bisa melancarkan proses," kata Sekertaris Disdukcapil Kota Palembang, Santi Zahara, usai menerima ketua Satgas Saber pungli Prov Sumsel,Kamis (8/8/2019).

Santi mempersilakan bagi masyarakat yang ingin mengurus data kependudukan untuk datang langsung ke kantor, karena semua prosesnya gratis alias tidak dipungut biaya.

"Kita buka seperti biasa sampai sore, bahkan kita juga layanani di hari libur," Ungkapnya.

Lanjutnya, kedatangan dari tim saber pungli Provinsi Sumatera Selatan unit pencegahan.

Hakim Sidang Pra Peradilan Tolak Permohonan Obby Frisman, Status Tersangka Tetap Disandangnya

Aniaya Anak Tetangganya, Bapak di Kecamatan Kertapati Palembang Ini Diadukan ke Polisi

Tak Mengindahkan Tembakan Peringatan, Tiga Pelaku Begal Diterjang Timah Panas Anggota Tekab 134

Dari tim memberikan pengarahan dan bimbingan kepada pihaknya untuk melakukan pelayanan dengan sebaik-baiknya jangan sampai ada pegawai yang melakukan tindakan-tindakan yang di luar ketentuan karena seperti diketahui seluruh pelayanan yang ada di Disdukcapil semuanya gratis.

" kami selalu menekankan bahwa seluruh pelayanan ini gratis jadi bagi oknum-oknum yang melakukan tindakan-tindakan di luar ketentuan itu menjadi tanggung jawab person, jadi tidak ada yang membawa nama dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota Palembang," jelasnya.

Sementara, Ketua Satgas Saber pungli UPP Prov Sumsel yang juga Irwasda Polda Sumsel, Kombes Pol Drs Dody Marsidy MHum CFrA menjelaskan, Tim Satgas Saber pungli yang terdiri dari tim gabungan dari Kepolisian, Ombudsman, Inspektorat Provinsi Sumsel dan lainnya sengaja datang ke Dukcapil Kota Palembang untuk menggali informasi dari masyarakat terkait pelayanan yang diberikan.

"Kami mengingatkan kembali pelayanan publik harus transparan dan butuh waktu yang cukup, petugas berintegritas dan paling utama menghindari kegiatan yang merugikan seperti Dukcapil," jelasnya.

Menurut Dody, Dukcapil Kota Palembang termasuk pelayanan publik yang sudah berada di zona hijau hasil penilaian Ombudsman.

"Tapi untuk pelayanan dalam segi kualitas saya rasa masih belum dan harus ditingkatkan karena menyangkut kepuasaan masyarakat," tutupnya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved