Berita OKU Timur

Calon Pengantin di Kabupaten OKU Timur Wajib Ikuti Tes Kesehatan

Sepasang calon pengantin di OKU TIMUR yang akan melangsungkan pernikahan, terlebih dahulu diwajibkan untuk mengikuti tes kesehatan.

Calon Pengantin di Kabupaten OKU Timur Wajib Ikuti Tes Kesehatan
youtube
ilustrasi pengantin wanita / Calon Pengantin di Kabupaten OKU Timur Wajib Ikuti Tes Kesehatan 

Laporan wartawan Sripoku.com, Evan Hendra

Calon Pengantin di Kabupaten OKU Timur Wajib Ikuti Tes Kesehatan

 SRIPOKU.COM, MARTAPURA - Sepasang calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan, terlebih dahulu diwajibkan untuk mengikuti tes kesehatan.

Kewajiban tersebut dilakukan agar janin nantinya terbebas dari penyakit menular dan para Catin mengetahui tentang pernikahan.

Kakankemenag OKU Timur H. Abdul Rosyid, S.Ag, MM, mengatakan, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pihaknya berkerja sama dengan Dinas Kesehatan OKU Timur.

Catin yang melakukan pernikahan, sebelumnya terdapat beberapa persyaratan yang harus dilengkapi diantaranya cek kesehatan bagi kedua calon.

Gagal Dinikahi Gubernur Jambi, Pekerjaan Suami Ayu Dewi Akhirnya Terekspos, Punya Bisnis Ini!

Video: Jijik saat Cuci Piring di Toilet, Sikap Rosa Meldianti Dikecam

Dulu Jaya, Kondisi 5 Artis Zaman Dulu Ini Berubah Drastis, Ada yang Meninggal Dalam Kemiskinan!

“Cek kesehatan ini dilakukan agar jangan sampai ada penyakit menular yang dapat menular kepada janin di kemudian hari.

Kita melakukan kerjasama terhadap dinas kesehatan sehingga calon pengantin nantinya dapat memeriksakan kesehatan di puskesmas daerah masing-masing,” katanya.

Selain itu kata dia, materi yang paling pokok untuk disampaikan adalah tentang tara cara mandi junub. Karena hal ini sangat fatal.

Apabila tidak benar tara caranya maka dapat mengakibatkan tidak sahnya shalat. Dan yang kedua tentang hak dan kewajiban suami istri. Apa yang wajib dilakukan oleh suami dan apa yang wajib dilakukan oleh istri serta hak-haknya

“Untuk materi yang akan diberikan, calon pengantin diajarkan bagaimana cara melakukan mandi junub yang baik dan benar. Serta bagaimana cara membina rumah tangga, dan cara menyelesaikan masalah dalan rumah tangga. Program ini sudah berjalab di OKU Timur yakni di Kecamatan Semendawai Timur dan Kecamatan Buay Madang Timur (BMT),” jelasnya.

Intip 10 Foto Prewedding Roger Danuarta dan Cut Meyriska, Gunakan Sneakers Tanpa Malu-Malu

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Yoga

Berhenti Jadi Artis, Aktor Ganteng-ganteng Serigala Ini Pilih Jadi Anggota TNI AL, Berpangkat Lettu!

Adapun pelajaran atau materi tentang pernikahan yang diberikan saat suscatin antara lain adalah Tatacara dan prosedur perkawinan, Pengetahuan agama, Peraturan perundangan di bidang perkawinan dan keluarga, Hak dan kewajiban suami istri.

Serta kesehatan reproduksi, Manajemen keluarga dan psikologi perkawinan dan keluarga.

“Selama proses penyuluhan, calon pengantin pria dan wanita akan diberi sesi ceramah, dialog serta simulasi tentang materi-materi perkawinan. Narasumber yang akan memberikan materi tentunya sudah dipilihkan yang memiliki kompetensi di bidangnya,” terangnya.

Penulis: Evan Hendra
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved