Berita OKU Timur

181 Napi di OKU Timur Diusulkan Dapat Remisi Lebaran, Kondisi Rutan Martapura sudah Over Kapasitas

Sebanyak 181 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Cabang Rumah Tahanan Martapura diusulkan menerima Remisi Khusus.

181 Napi di OKU Timur Diusulkan Dapat Remisi Lebaran, Kondisi Rutan Martapura sudah Over Kapasitas
SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA
Royhan Al Faisal Kepala Rumah Tahanan Martapura OKU Selatan. 

Laporan wartawan sripoku.com, Evan Hendra

SRIPOKU.COM, MARTAPURA - Sebanyak 181 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Cabang Rumah Tahanan  Martapura diusulkan menerima Remisi Khusus (RK1) hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Sedangkan untuk RK2, tidak ada alias nihil.

Kepala Cabang Rumah Tahanan (Rutan) Martapura Royhan Al Faisal melalui Kasubsi Pelayanan, Tahanan dan Pengelolaan Oktomi mengatakan, pengusulan remisi khusus hari raya tersebut dilakukan melalui sistim data base Pemasyarakatan secara online langsung ke Dirjen Pemasyaratan Pusat.

Menurutnya, 181 WBP yang diusulkan untuk mendapatkan remisi khusus hari raya terdiri dari beberapa kasus diantaranya, Kasus Kriminal Umum seperti Pencurian dengan Pemberatan (Curat), Pencurian dengan Kekerasan (Curas), Puncurian Sepeda Motor (Curanmor) dan Kasus Narkoba yang sudah termasuk PP 99 tahun 2012.

"Kita harapkan WBP yang kita usulkan seluruhnya mendapatkan remisi hari raya sesuai dengan surat keputusan dirjen pas permenkumham nomor 03 tahun 2018 tentang hak-hak Warga Binaan Pemasyarakatan mendapatkan remisi, cuti bersyarat, pembebasan bersyarat, cuti mengunjungi keluarga dan asimilasi," katanya.

Bandar Narkoba Babat Toman Terpaksa Menjalani Bulan Ramadan di Balik Jeruji Sel Polres Muba

Di Tingkat Pengecer Harga Gas Elpiji 3 Kg di Muaradua OKU Selatan Capai Rp 25 Ribu Pertabung

Pipa Minyak Bocor Hingga Cemari Lebung, 2 Desa di Talang Ubi PALI Terancam Kekurangan Air Bersih

Dikatakan Royhan, ada beberapa persyaratan bagi tahanan yang akan mendapatkan remisi dihari raya, diantaranya sudah menjadi narapidana paling rendah 6 bulan, ikut serta dalam kegiatan pembinaan, tidak melakukan pelanggaran dan tata tertib di Cabang Rutan Martapura.

"Apabila ada WBP yang kita usulkan melakuan pelanggaran didalam Rutan. Usulan remisinya kita batalkan atau dicabut," jelasnya.

Selain itu, saat ini jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Narapidana di Cabang Rutan Martapura sebanyak 313 orang tahanan.

"Saat ini Cabang Rutan Martapura sudah over kapasitas tahanan. Kapasitas tahanan di Rutan hanya menampung 189 orang. Namun saat ini sudah mencapai 313 orang," katanya. (hen).

Penulis: Evan Hendra
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved